Tekan Komitmen Bersama menPan-RB, Bupati Pandeglang 'Curcol' Sulitnya Membangun MPP .


MenaraToday.Com - Pandeglang :

Bupati Pandeglang Irna Narulita melakukan penandatanganan komitmen penyelenggaraan Mall Pelayanan Publik (MPP) dengan Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Birokrasi (Menpan-RB) Tjahyo Kumolo, bertempat di Ball Room Hotel Fairmont Jakarta, Selasa (2/3/2021).

Selain melakukan penandatanganan komitmen penyelenggaraan MPP, Bupati Pandeglang Irna Narulita juga diberi kehormatan oleh Kemenpan-RB menjadi pembicara dihadapan Menteri PAN-RB dan 38 Kepala daerah lainnya dalam Knowledge Sharring Season sebagai Best Practice.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Irna menceritakan bagaimana proses pembangunan MPP di Kabupaten Pandeglang dengan berbagai tahapan yang harus ditempuh, agar keberlangsungan pembangunan MPP di Pandeglang berjalan sesuai harapan.

“Berawal dari banyaknya keluhan dan aduan masyarakat terkait ketidakpuasan tentang pelayanan publik di Kabupaten Pandeglang, menjadi tekad dan komitmen kami (Pemkab Pandeglang) untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, “kata Irna.

Menurutnya, Pembangunan Mall Pelayanan Publik di Kabupaten Pandeglang tidak semudah membalikan telapak tangan, banyak kendala dan hambatan termasuk kendala viskal. 

"Alhamdulilah berkat kerja keras semua pihak termasuk Kemenpan-RB, target pembangunan MPP Pandeglang dapat terwujud dan telah diresmikan oleh Bapak Menteri PANRB tahun 2020 lalu, dan MPP Pandeglang merupakan satu-satunya di Provinsi Banten, “ ucap Irna.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Pandeglang Ida Novaida mengatakan ada sekitar 23 bentuk layanan di MPP Pandeglang.

"jadi masyarakat tidak perlu repot mengurus banyak hal mulai dari adminstrasi Aminduk, perijinan berusaha, pembayaran pajak dan lain sebagainya, semua bisa dilakukan dalam satu tempat melalui MPP yang telah disediakan oleh Pemkab Pandeglang, “kata Ida.

Ia menambahkan, berdasarkan data yang di himpun per Agustus tahun lalu, pengguna layanan di MPP Pandeglang mencapai 16.065, yang paling tertinggi ada sekitar 345 orang perhari menggunakan layanan MPP.

Sementara itu, Menteri PAN-RB Tjahyo Kumolo mengatakan, pembangunan MPP merupakan salah satu strategi Pemerintah dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik secara berkelanjutan, terpadu, terintegrasi, untuk menyediakan layanan yang cepat, mudah, terjangkau bagi masyarakat.

“Pembentukan MPP di daerah memerlukan komitmen yang kuat dari Kepala daerah, tentu saja komitmen dari pimpinan daerah menjadi kunci keberhasilan dalam menghadirkan MPP yang manfaatnya dapat dirasakan secara berkelanjutan oleh masyarakat, “ ujarnya. (ILA)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama