Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

KORMI Terbentuk di Kapuas Hulu, Wabup : Kita Gali Potensi Permainan Tradisional

 

Keterangan Foto : Suasana ___/// Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, S.T menghadiri pelantikan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu, Jumat (10/4) 

MenaraToday.com - Kapuas Hulu

Wakil Bupati Kapuas Hulu, Wahyudi Hidayat, S.T menghadiri pelantikan pengurus Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (KORMI) di Aula Bappeda Kabupaten Kapuas Hulu. Jumat, (10/4)

Untuk diketahui, olahraga rekreasi masyarakat adalah olahraga yang dilakukan oleh masyarakat dengan kegemaran dan kemampuan yang tumbuh dan berkembang sesuai dengan kondisi dan nilai budaya masyarakat setempat untuk kesehatan, kebugaran, dan kegembiraan.

Wakil Bupati Wahyudi Hidayat, S.T dalam sambutannya menyampaikan, selamat dan sukses atas pelantikan pengurus KORMI Kabupaten Kapuas Hulu.

"Semoga kedepannya KORMI bisa bersinergi dengan pemerintah dalam mengembangkan olahraga rekreasi di Kabupaten Kapuas hulu yang terdiri dari olahraga tradisional, kesehatan dan petualangan. "ujar Wabup

Dikatakan Wabup, tujuan utama KORMI untuk membawa sehat, bugar dan gembira.

"Dengan adanya KORMI dapat menggali potensi permainan tradisional yang dapat menjadi olahraga rekreasi diantaranya seperti sampan bidar, gasing dan sumpit.

Wabup berharap, dengan adanya KORMI dapat memperkenalkan dan mengangkat olahraga tradisional menjadi olahraga yang populer di masyarakat.

Sementara itu, Ketua Kormi Kalbar, Adiyudha Permana, menegaskan bahwa KORMI adalah salahsatunya lembaga olahraga yang diatur dalam Undang-undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang sistem keolahragaan nasional. Disamping KORMI ada Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) dan National Paralympic Committee (NPC).

"KORMI ini adalah olahraga masyarakat yang di isi oleh para penggiat, tidak ada atlit. Ada 71 induk olahraga dari masyarakat yang gabung di KORMI secara nasional," ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa sejak 2019 dirinya memimpin KORMI Kalbar sudah terbentuk 7 KORMI tingkat kabupaten/kota dari 14 kabupaten/kota yang ada.

"Kedepan agenda yang akan berlangsung adalah Festival Olahraga Rekreasi Nasional (FORNAS) di Palembang," terangnya.

Dikatakan Yudha, KORMI yang baru dibentuk di Kapuas Hulu sehingga Muskab yang dilaksanakan didampingi pengurus provinsi. Untuk itu Ia berharap AD/ART organisasi dijalankan dengan baik oleh Pengurus KORMI Kapuas Hulu.

"Kehadiran saya selain membuka  dan mengikuti Muskab. Kami sambung dulu dari provinsi karena ini baru dibentuk. Kormi Kalbar sudah keluarkan surat rekomendasi tentang Muskab Kapuas Hulu. Muskab telah memilih Abdul Hamid, sebagai Ketua KORMI Kapuas Hulu," tuturnya

Dalam kesempatan itu, Ketua Kormi Kapuas Hulu 2021-2026, Abdul Hamid, mengatakan dirinya akan menjalankan amanah sebagai ketua dengan sebaik mungkin.

"Saya berterimakasih sudah diberi kesempatan untuk memimpin KORMI Kapuas Hulu. Apapun amanah yang diberikan kepada saya, saya akan jalankan penuh tanggungjawab dan transparan," ujarnya.

Hamid menjelaskan, bahwa ada beberapa cabang olahraga masyarakat yang telah bergabung di KORMI Kapuas Hulu, diantaranya adalah Persatuan Olahraga Senam Masal Indonesia (POSMI), Ikatan Olahraga Senam Kreasi Indonesia (IOSKI), Persatuan Olahraga Bidar Kapuas Hulu (POBKH), Pratuan Liong dan Barongsai Selurih Indonesia.

Kemudian, Airsoft Brotherhood Unity (ABU), Komunitas Skateboard Indonesia (KSI), Persatuan Olahraga Sumpit Kapuas Hulu juga Komunitas Penguas Sahur.

"Saya yakin dan percaya KORMI Kapuas Hulu dapat eksis, maju dan terpercaya. Terpercaya secara internal dan masyarakat. Kepercayaan adalah yang utama," tegasnya.

Pada masa pandemi, kata Hamid, kesehatan adalah hal utama. KORMI harus bisa berkontribusi di kesehatan masyarakat, khususnya di bidang olahraga kreasi dan budaya.

Program akan dilakukan secara realistis, transparan dan terukur. "Kita akan berkoordinasi dengan seluruh Pemda Kapuas Hulu. Kedepannya akan kita jalankan program bersama-sama, sebaik mungkin," tegasnya.

Hamid mengharapkan, dukungan dari KORMI Kalbar agar bisa menjalankan kegiatan olahraga masyarakat dan menyehatkan masyarakat.

"Kedepan koordinasi dan dukungan KORMI Kalbar sangat dibutuhkan agar olahraga rekreasi di Kapuas Hulu semakin maju," tuntas Hamid. (Rls/Hum/Bayu)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !