Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Pelda Ilham Fahruzi Ajak Masyarakat Kibarkan Bendera Merah Putih Dihari Lahir Pancasila

MenaraToday.Com - Situbondo : 

Dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, 1 Juni 2021, Pelda Ilham Fahruzi anggota TNI AL yang berdinas di Bagian Penerangan Pangkalan TNI Angkatan Laut Banyuwangi (Pen Lanal Bwi), putra asli Jl. Arak-arak Bondowoso nomor 151, Kampung Krajan, Desa Buduan, Kecamatan Suboh mempelopori dengan mengajak masyarakat Kampung Krajan Desa Buduan untuk mengibarkan Bendera Merah Putih satu tiang penuh dengan loudspeaker musollah nurul qolbi dengan meminta untuk diumumkan oleh ustadz mukayan atau daryono selaku Ketua RT 01 / RW 03. Selasa, (1/6/2021). 

Tindakan Nasionalisme Pelda Ilham Fahruzi yang mempelopori pengibaran Bendera Merah Putih di Kecamatan Suboh, Kabupaten Situbondo, khususnya Kampung Krajan, Desa Buduan tempat dia (Red - Pelda Ilham F) tinggal / domisili, merujuk pada arahan dari Kemendagri yang disiarkan oleh Kapuspen Mendagri melalui berbagai media meminta seluruh masyarakat untuk menaikkan Bendera Merah-Putih satu tiang penuh pada Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni. 

Hal tersebut merujuk pada Surat Edaran (SE) Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Nomor 04 Tahun 2021 tentang Pedoman Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 poin (d) yang menyebutkan; Seluruh perkantoran dan seluruh komponen masyarakat Indonesia mengibarkan Bendera Merah Putih selama 1 (satu) hari pada tanggal 1 Juni 2021.

Adapun Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2021, dilaksanakan pada hari Selasa, 1 Juni 2021 pukul 07.45 WIB secara virtual kombinasi. Adapun peringatan Hari Lahir Pancasila terpusat di Gedung Pancasila, Jakarta. Tema Peringatan yang diusung pemerintah pada tahun ini adalah “PANCASILA DALAM TINDAKAN, BERSATU UNTUK INDONESIA TANGGUH”.

Ilham Fahruzi selaku warga Desa Buduan mengatakan, "Saya umumkan dan pelopori pemasangan Bendera Merah Putih kepada masyarakat untuk memperingati Hari Lahir Pancasila sebagai wujud rasa Nasionalis yang idealis cinta NKRI dengan pedoman  Pancasila sebagai penuntun sekaligus pengarah jalan yang terang benderang untuk berbangsa dan bernegara dengan baik, bermanfaat, bermartabat." ucapnya. 

Lebih lanjut Ilham Fahruzi mengatakan, "Pengibaran Bendera Merah Putih ini juga rasa bangga kami yang berbangsa Indonesia berpedoman Pancasila, kita WNI disatukan dalam Bhineka Tunggal Ika sehingga kita bisa hidup rukun, dengan kerukunan umat beragama dan berbagai suku marilah kita bergotong royong berbuat manfaat ciptakan Indonesia tangguh, khususnya pada lingkungan hidup sekitar kita dimana kita bertempat tinggal." imbuhnya. 

Diketahui sebelumnya menurut keterangan warga setempat yaitu Ketua Rt 1 / Rw 3 Mukayan dan Suwarto serta Yuyud tidak ada pemberitahuan dari pihak Forkopimka Suboh maupun ketua RW dan Ketua RT, namun setelah diumumkan oleh Pelda Ilham Fahruzi anggota Penerangan Lanal Banyuwangi melalui Media Online dan Loudspeaker musollah Nurul Qolbi akhirnya sebagian masyarakat tergugah dengan sadar hari sekarang ini adalah Hari Lahir Pancasila dengan sukarela dan bangga mengibarkan Bendera Merah Putih. [Sholeh]

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !