Katar Desa Girimukti, Bantu Evakuasi Ratusan Warga Yang Terdampak Banjir

Relawan Katar Membagikan Bantuan kepada warga terdampak banjir cimarga. Sabtu (22/08/21).


Menaratoday.com BANTEN, Lebak-Hujan deras beberapa hari ini telah mengakibatkan banjir bandang di  kampung Bangkalok, desa Girimukti, kecamatan Cimarga, kabupaten Lebak-Banten. Akibatnya, puluhan rumah di wilayah tersebut  terendam banjir. Sabtu (21/08/21).


Ketua Karang Taruna (Katar) kabupaten Lebak H.Kuncoro Addakiri saat di konfirmasi awak media mengatakan, sore tadi pihaknya mendapat informasi adanya bencana banjir bandang di wilayah kecamat Cimarga. Malam harinya, Relawan Karang Taruna Kabupaten Lebak bersama Karang Taruna Satya Bhakti Desa  Girimukti bergerak cepat turun kelokasi untuk membantu warga, sekaligus memberikan bantuan kebutuhan pangan. Berupa beras, makana siap saji, biscuit dan sejumlah makanan lainnya. 


"Kami berkordinasi dengan Dinsos provinsi Banten dan Dinsos kabupaten  lebak, bersama rekan Tagana dan dibantu Karang Taruna Desa Girimukti, menyalurkan bantuan 3 (kwintal) beras, 200 Pic biscuit dan sejumlah makanan siap saji lainya," kata Kuncoro. 


Masih kata Kuncoro, adapun jumlah korban yang terdampak banjir sebanyak 128 KK di Desa Girimukti, 14 KK di Desa Sudamanik, 2 KK di Desa Intenjaya  dan semuanya itu ada di kecamatan Cimarga kabupaten Lebak. 



Ditempat terpisah, Ucu Iyan Sekertaris Karang Taruna Satya Bhakti Desa Girimukti menuturkan. Banjir ini diduga akibat tersumbatnya aliran air cisariat, yang mana ada salah satu bangunan warga, posisi pondasi rumahnya memakan bantaran aliran sungai tersebut. Sehingga begitu ada hujan deras, aliaran sungai cisariat tidak bisa menampung curah hujan yang begitu lebat, hingga mengakibatkan  rumah  warga terendam. 


"Kami dari Karangtaruna telah menyalurkan bantuan kepada warga, kami juga sudah berkordinasi dengan kepala desa Girimukti, agar segera ada solisi terkait banjir ini.  Mudah-mudah dalam waktu dekat ini kita akan segera melakukan musyawarah bersama masyarakat," tutur Ucu


"Allhamdulillah kondisi hari ini air sudah mulai surut, kami Karang Taruna Desa Girimukti turun langsung membantu membersihkan puing-puing dan lumpur yang masuk ke rumah warga," lanjutnya. 


"Kami tidak bisa berbuat banyak, kami dari Karangtaruna hanya sipatnya membantu saja kepada masyarakat yang terdampak banjir," ujarnya.


ILA

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama