Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Bunda PAUD Kota Probolinggo : 'Wujudkan Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas'

MenaraToday.Com - Probolinggo :

Bunda PAUD Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin membuka bimbingan teknis pengelolaan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD melalui Pusat Kegiatan Gugus (PKG) PAUD Tahun 2021 di Aula TK ABA 1 Mayangan, Rabu (15/9/2021).

Hadir dalam pembukaan bimtek ini, Kabid Pembinaan PAUD dan PNF Heri Wijayani, Pengawas SD, serta narasumber dari BP PAUD dan Dikmas Provinsi Jatim Ireng Dwi Widodo. Bimtek yang dilaksanakan mulai tanggal 15 sampai dengan 16 September 2021, diikuti 32 peserta yang terdiri dari Ketua PKG Kota, Ketua PKG di 5 Kecamatan dan Ketua gugus PAUD se Kota Probolinggo. Bahkan semua peserta diwajibkan melakukan tes swab antigen ditempat sebelum mengikuti bimtek, guna menghindari munculnya kluster covid-19 dari kegiatan ini.

Dalam laporannya, Kasi Peserta Didik dan Pembangunan Karakter Disdikbud, Asyit Widodo menyampaikan bimtek ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman semua pemangku kepentingan daerah tentang lingkungan belajar berkualitas, terselenggaranya lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD dengan peningkatan kompetensi pendidik melalui PKG serta membangun ekosistem pendidikan yang positif yang mendorong terjadinya transisi PAUD yang baik.

Bunda PAUD, Aminah Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya menjelaskan lingkungan belajar berkualitas yakni suatu kondisi lingkungan belajar alami dan sosial yang nyaman, suasana yang menyenangkan, memungkinkan anak bereksplorasi dengan lingkungan sekitar, dapat diakses oleh semua anak tanpa diskriminasi, adanya keterbukaan untuk berkolaborasi serta adanya keterlibatan orang tua dan masyarakat untuk membantu mengoptimalkan pencapaian perkembangan anak dengan memfasilitasi dan memanfaatkan sarana dan prasarana untuk mendorong terwujudnya PAUD berkualitas.

“Kualitas pembelajaran dapat terwujud jika pendidik dan tenaga kependidikan serta ekosistem pendidikan memahami prinsip pembelajaran anak usia dini, mampu menerapkan kurikulum PAUD dengan lingkungan belajar dengan memaksimalkan potensi serta pendidik mampu menciptakan lingkungan bermain dengan mengembangkan seluruh aspek perkembangan anak secara efektif, kondusif dan menyenangkan,” tuturnya.

Menurutnya, PAUD berkualitas merupakan satuan PAUD yang memiliki lingkungan belajar yang aman, nyaman dan mampu memfasilitasi anak agar berkembang dengan utuh. Secara garis besar layanannya dapat dibagi menjadi kualitas proses pembelajaran dan kualitas pengelolaan satuan.

Sebagai Bunda PAUD, Aminah Hadi memiliki harapan agar semua mampu berperan aktif dalam membangun kesamaan visi tentang pengelolaan lingkungan belajar berkualitas di satuan PAUD Kota Probolinggo. Sehingga dapat mewujudkan capaian renstra penyelenggaraan layanan pendidikan yang holistik integratif, peningkatan aksesibilitas yang  berkualitas dan penguatan ekosistem pendidikan yang bijaksana. “Juga memastikan terjadinya stimulasi yang mampu meningkatkan perkembangan anak pada aspek kognitif, bahasa dan literasi, sosial emosional, motorik kasar dan halus, serta mampu menanamkan nilai-nilai agama dan budi pekerti yang santun dan perilaku hidup bersih serta sehat,” tutupnya. (De songot)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !