Ketua PKP Kabupaten Toba Dukung Indeks Pertanaman Jagung Untuk Pemulihan Ekonomi Masyarakat Ditengah Pandemi

MenaraToday.Com - Toba : 

Program peningkatan Indeks Pertanaman (IP) komoditi jagung yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Toba, mendapat respon positif dari sejumlah kalangan masyarakat, salah satunya dari politisi Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Kabupaten Toba.

Ketua Partai Keadilan dan Persatuan (PKP) Kabupaten Toba Ir.Marajohan Hutapea, berpendapat bahwa program ini sangatlah dibutuhkan masyarakat dimasa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, untuk bangkit akibat dampak pandemi, kata Marajohan Rabu (22/9/2021)

"Kami memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas ide Bupati Kabupaten Toba Poltak Sitorus, dengan menggulirkan program itu. Menurut kami program itu sangatlah brilian", imbuh Marajohan.

Kita menyadari, akibat pandemi seluruh sektor perekonomian terdampak, termasuk sektor pertanian, oleh karenanya kebijakan ini sungguh mengena bagi masyarakat petani khususnya disaat memanfaatkan lahan persawahan pasca panen padi maupun lahan kering untuk pertanaman jagung.

Kami melihat program ini merupakan kesempatan yang sangat besar bagi masyarakat untuk beranjak dari keterpurukan perekonomian akibat pandemi COVID-19.

Jika kita hitung-hitung, benih yang disalurkan sebanyak 50 ton lebih, akan menyasar lahan seluas 3.336 hektar untuk pertanaman benih tersebut. 

Berdasarkan kalkulasi dikisaran harga per kilo gramnya Rp 3.800, dengan hasil 5,5 ton per hektar, maka hasil dari 1 hektar saja, petani akan meraup hasil sebesar Rp 18.348.000, sehingga untuk hasil benih dari 50 ton tersebut akan menghasilkan Rp 69.722.400.000.

Hasil ini sangat gemilang, namun kita juga mengakui terdapat kegagalan dibeberapa daerah akibat faktor cuaca, dan itu juga tidaklah seberapa, imbuh Marajohan.

"Oleh karenanya melalui pendapat Marajohan  Hutapea selaku Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Kabupaten Toba, program ini sangat brilian dan kami sarankan untuk dipersilahkan dilaksanakan pada tahun mendatang" ujarnya (J.Tambunan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama