Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Inspiratif! Anak Penjaga Pasar Panimbang Berhasil Masuk UGM Dan Gondol Medali Perak

Ilham Sutopo, Mahasiswa UGM Berprestasi Asal Sidamukti, Kabupaten Pandeglang, Banten.


MENARATODAY.COM-Cerita ilham Sutopo mahasiswa Universitas Gajah Mada (UGM), anak seorang penjaga pasar dan pedagang es dipasar panimbang warga kampung sidamukti Rt.03/03 desa sidamukti, kecamatan sukaresmi kabupaten pandeglang, Banten, menjadi mahasiswa berprestasi yang viral dipemberitaan media online ternyata memang sudah sering jadi juara umum sejak TK.

Ilham Sutopo yang merupakan alumni SMAN 4 Pandeglang ini diketahui, menorehkan prestasi dengan menyabet medali perak tingkat nasional pada Ajang Insight Arjuna Competition 2021, dengan jumlah peserta 600 Mahasiswa dari 300 universitas seindonesia. 

Sebelumnya, Ilham di terima di 2 kampus UGM sebagai salah satu mahasiswa yang berprestasi. Mahasiswa semester pertama pada Program Studi Manajemen Sumber Daya Akuatik, Departemen Perikanan, Fakultas Pertanian UGM itu berhasil memperoleh Medali Perak pertamanya selama menjadi mahasiswa untuk kampusnya melalui Olimpiade Wawasan Dunia tingkat nasional pada tanggal 5 Oktober 2021 lalu.

“Pada kompetisi ini, peserta lomba diberikan 40 soal penalaran multidisiplin yang harus diselesaikan dalam waktu 60 menit. Soal-soal dalam kompetisi ini meliputi soal Pengetahuan Umum, mulai dari Sejarah, Sosiologi, Ekonomi, Politik, Geologi dan Geografi, hingga pengetahuan bahasa seperti linguistik dan sastra serta antropologi budaya dunia,” kata ilham.

Ia membeberkan, Dalam ajang ini banyak mahasiswa lain yang berasal dari kampus ternama seperti Universitas Indonesia, Universitas Andalas, Institut Teknologi Sepuluh November, Institut Pertanian Bogor, Institut Teknologi Bandung, Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Sebelas Maret, Universitas Padjajaran, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, dan kampus-kampus terbaik lainnya.

Meskipun Ilham baru berkuliah selama kurang dari 2 bulan, namun sebagai mahasiswa Angkatan 2021 di Fakultas Pertanian UGM, Ilham telah menjadi penyumbang medali pertama untuk kampusnya.

Sementara itu, ila susilawati yang merupakan keluarga ilham menyatakan sangat bangga dengan capaian yang sudah berhasil diraih oleh keponakannya tersebut. Ia menuturkan, ilham memang anak yang sangat cerdas sejak sekolah.

"Kecerdasan ilham sudah kelihatan sejak dia TK sampe SMA selalu juara umum, mungkin sudah turunan kali ya," tukasnya. Rabu (24/11/21).

ila Susilawati bercerita, ilham ini merupakan anak pertama dari dua bersaudara anak pasangan Teguh Sutopo dan Tuty. Dulu, sebelum tinggal disidamukti, kata Ila, ayah ilham (teguh sutopo) sempat tinggal disolo, sekolah dan kuliah juga diperguruan tinggi yang sama dengan Ilham saat ini. Termasuk anak yang cerdas juga ayahnya.

"Setelah beres kuliah, dan menikah, sempat bekerja juga di perusahaan besar Kubota, namun entah karena apa berhenti, kemudian akhirnya pindah ke sini bersama anak istrinya, waktu itu ilham masih kecil belum sekolah, mungkin karena sulitnya pekerjaan disini, akhirnya ibunya merintis usaha dengan cara berjualan gorengan awalnya dipasar panimbang, kemudian ayahnya dipercaya jadi penjaga pasar sampe sekarang," ungkapnya. (ila)

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !