Lapas Kelas IIA Pematangsiantar Manfaatkan Lahan Untuk Sarana Asimilasi dan Edukasi

Menaratoday.com, Siantar :

Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Pematangsiantar yang beralamat di Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun terus meningkatkan giat pembinaan kepada Warga Binaan Permasyarakatan (WBP). Lembaga Permasyarakatan yang dipimpin Kalapas Rudy Sianturi ini mengoptimalkan lahan yang ada di Lapas sebagai Sarana Asimilasi dan Edukasi (SAE) dengan metode Kemandirian dan Edukasi, Sabtu (11/12/2021).

Kepala Lapas Kelas IIA Pematangsiantar, Rudy Sianturi melalui Kasi Giatja H Hutauruk SH, mengatakan pelatihan kemandirian dan pembinaan ini bertujuan untuk mendidik dan mengajarkan kepada WBP bagaimana membentuk suatu peluang nantinya ketika mereka bebas. Dalam hal ini Lapas Kelas IIA Pematangsiantar membuat Kolam Ikan guna membudidayakan ikan konsumtif (Gurame Merah dan Lele). 

"Pihak Lapas bekerjasama dengan Dinas Perikanan dan Kelautan Provinsi Sumut dan juga bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Simalungun untuk pelatihan dan mendapatkan bibit ikan," bebernya. 
Tidak hanya di sektor perikanan, lanjut Hutauruk, Lapas Kelas IIA Pematangsiantar juga memanfaatkan lahan untuk menanam Pepaya California, Nenas, sayur mayur dan juga buah semangka dengan metode tanam tanah, dan ada juga metode tanam Hidroponik untuk produksi sayur Pakcoy.

"Program pembinaan dan pelatihan kemandirian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas WBP. Jadi ketika narapidananya bebas dan kembali ke tengah masyarakat sudah memiliki skil," ujarnya.  

Menurut Hutauruk, bahwa WBP yang dilakukan pembinaan kemandirian merupakan WBP yang sudah menjalani proses Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP). Dengan ketentuan lainnya seperti pidana dengan kasus Tindak Pidana Ringan dan minimal sudah menjalani setengah masa hukuman dan sudah mendapatkan jaminan oleh keluarga.

Kegiatan ini juga salah satu tujuan yang akan dicapai yaitu Lapas yang Produktif dan Edukati, namun tetap mengutamakan prosedur keamanan.

"Kita juga mengucapkan terima kasih kepada instansi terkait dan juga berharap agar tetap menjalin kerjasama dalam hal pembinaan dan pelatihan kemandirian ini," ujarnya. (RG)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama