Aneh, Kadis PMD Sergai Sebut Tidak Sembarangan Berikan Informasi APBDes Desa Sarang Torop

Keterangan gambar : Kadis PMD Sergai Sri Rahmayani Dan Kabid PMD Riadi Putra Sinuraya saat dikonfimasi Wartawan Di Ruang Kerjanya.


MenaraToday.Com - Serdang Bedagai :

Sulitnya masyarakat dan publik mendapatkan informasi terkait kegiatan penggunaan Dana Desa Tahun 2021 di Desa Sarang Torop, Kecamatan Dolok Masihul, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut) membuat penasaran wartawan untuk terus menggali Informasi dari sumber - sumber atau instansi - instansi yang terkait agar dapat di publikasikan kepada masyarakat.  

Terkait hal itu, MenaraToday.Com bersama tim langsung menyambangi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sergai, Jumat (14/1/22) guna kepentingan konfirmasi.

Namun anehnya, Sri Rahmayani S.Sos Selaku Kepala Dinas (Kadis) PMD didampingi Kepala Bidang Pemerintahan Desa (Kabid Pemdes) Riadi Putra Sinuraya tidak memberikan informasi, padahal adanya informasi berguna untuk kepentingan publikasi agar masyarakat dan publik mengetahui terkait penggunaan keuangan negara melalui Dana Desa.

Seyogyanya Penggunaan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN ini diharapkan transparan dan terbuka kepada publik atau masyarakat dalam pengerjaannya maupun pengelolaannya. 

"Kalau ini memang Informasi Publik Bang, cuma yang punya bahan ini kan sebenarnya Desa, jadi kami pun gak bisa sembarangan memberi karena itu bukan punya kami, harus ada izin dululah dari Desa" kata Kabid Pemdes bersama Kadis PMD Sergai di ruang kerja Kadis PMD. 

Sangat disayangkan, Jawaban Kadis PMD dan Kabid PMD yang tidak dapat memberikan informasi yang utuh agar dapat dipublikasikan kepada masyarakat. 

Diberitakan sebelumnya, Kades Sarang Torop Irwanto Naibaho diduga tidak transparan dalam penggunaan Dana Desa Tahun 2021 yang dikelolanya.

Dugaan itu juga diperkuat, dengan tidak tampaknya  papan APBDES Tahun 2021sebagai sumber informasi tentang kegiatan Dana Desa serta pengakuan seorang Kaur Umum dan Perencanaan yakni Wartina Naibaho yang mengatakan sama sekali tidak mengetahui kegiatan Dana Desa di Desanya saat dikonfimasi Awak Media beberapa hari yang lalu.(Tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama