Akibat Hujan dan Angin Kencang, Pohon Raksasa Berusia Puluhan Tahun di Kecamatan Menes Tumbang



MENARATODAY.COM, Menes-Dihantam hujan dan angin kencang, pohon tua berukuran besar yang terletak di Kwadanaan Menes, Desa Purwaraja, Kecamatan Menes, Kabupaten Pandeglang, Banten, tumbang dan menimpa sejumlah warung, pada Minggu 27 Februari 2022.

Pohon yang diperkirakan sudah berusia puluhan tahun ini, tumbang ke arah jalan sekitar pukul 10.00 wib. 

Salah satu warga Menes, Doni Awaludin, mengatakan, kejadian tumbangnya pohon asem tersebut terjadi ketika turun hujan lebat yang disertai angin kencang pagi tadi.

"Pohonnya sangat besar, dan sudah tua juga, mungkin karena dihantam hujan lebat selama beberapa hari ini dan juga angin kencang sehingga pohon tersebut roboh," tutur Doni Awaludin, yang juga merupakan Ketua Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Kecamatan Menes ini kepada tim menaratoday.com.

Ia menuturkan, pohon asem tersebut memang cukup tua, usianya sudah puluhan tahun.

"Akibat pohon tumbang, kios yang berada di dekat pohon tersebut mengalami kerusakan karena tertimpa, namun Alhmdulillah pada saat kejadian tidak ada korban jiwa, dikarenakan pada saat kejadian hujan dan anginnya juga cukup kencang jadi tidak ada warga yang melewati jalan tersebut, pengendara roda dua lebih memilih untuk berteduh," jelasnya.

Meski demikian, kata Doni, sejumlah pengendara yang melintas jalur sekitar lokasi kejadian menjadi terganggu, karena tidak bisa dilalui oleh pengendara maupun pejalan kaki.

"Untuk sementara TNI, Polisi dan warga disekitar lokasi kejadian bergotong royong mengevakuasi pohon tersebut dengan alat seadanya, karena kan besar banget pohonnya, jadi biar masyarakat dan pengendara yang melintas bisa lewat," ujarnya.

Doni berharap, pihak BPBD kabupaten Pandeglang agar segera menerunkan timnya untuk melakukan evakuasi pohon tersebut. 

Karena, lanjut Doni, evakuasi yang dilakukan oleh TNI polri yang dibantu oleh masyarakat setempat hanya menggunakan alat manual. 

"Kayu sebesar ini perlu alat pemotong kayu gergaji mesin dan alat berat lainnya untuk menarik pohon tersebut, kalau hanya menggunakan alat seadanya membutuhkan waktu yg cukup lama," ucapnya. (la) ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama