Dihantam Angin Kencang, Rumah Milik Warga Pagelaran Ambruk



MENARATODAY.COM, Pagelaran-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang melalui lumbung sosial menyalurkan bantuan paket sembako dan peralatan dapur, bagi warga yang rumahnya ambruk milik Yanti Yuliyanti (41) di Kampung Sawah, Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Sabtu 26 Februari 2022.

Dalam penyaluran bantuan tersebut disalurkan langsung oleh Kasi Dayasos Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Tatang Fauzi, ketua Kampung Siaga Bencana (KSB) Kecamatan Pagelaran Asep Rizal Chudori yang juga sebagai kepala Desa Sukadame, Kecamatan Pagelaran, Kepala Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran Pudin Saepudin dan juga Korcam PKH Kecamatan Pagelaran Saepul.

Kasi Dayasos Dinas Sosial Kabupaten Pandeglang Tatang Fauzi mengatakan, dengan adanya lumbung sosial tersebut warga yang terdampak bencana bisa cepat mendapatkan bantuan. 

"Setelah kita dapat laporan dari kepala desa sesuai dengan BNBA, kami bersama-sama pihak terkait langsung menyalurkan bantuan yang kita ambil dari lumbung sosial yang ada di wilayah Kecamatan Pagelaran," kata Tatang.

Menurut dia, lumbung sosial tersebut bukan hanya untuk korban bencana, tetapi juga untuk lansia yang membutuhkan bantuan. 

"Pada dasarnya bantuan ini bukan hanya untuk korban bencana saja, tetapi juga untuk orang yang layak membutuhkan bantuan seperti lansia," tuturnya.

Ketua KSB Kecamatan Pagelaran Asep Nizar Chudori yang juga kepala Desa Sukadame Kecamatan Pagelaran mengatakan, selain lebih cepat dalam penyaluran bantuan tetapi bisa memudahkan koordinasi dalam penyaluran bantuan.

"Untuk lumbung sosial ditempatkan di kantor desa Sukadame untuk wilayah Kecamatan Pagelaran dan Patia. Sehingga ketika terjadi bencana, kita bisa cepat bergerak, karena kalau dulu kan kita harus melakukan pengajuan dulu ke dinas sosial, tetapi sekarang bisa langsung dari lumbung sosial," ujarnya.

Sementara itu, korban Yanti Yuliyanti (41) warga Kampung Sawah, Desa Pagelaran, Kecamatan Pagelaran bersyukur dengan adanya bantuan tersebut, dengan adanya bantuan tersebut bisa meringankan bebannya.

"Ambruknya kemarin (Jumat, 25/2/2022), alhamdulilah sekarang langsung diberikan bantuan," katanya. (la) ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama