Diduga Lakukan Penyerobotan Lahan Karangsari Carita, Ahli Waris Laporkan Pemkab Pandeglang Ke Polda Banten



MENARATODAY.COM, Pandeglang-Ahli waris Unus bin Saripan pemilik lahan parkir pantai Karangsari Carita Pandeglang  mendatangi Mapolda Banten, untuk  melaporkan dugaan tindak pidana penyerobotan tanah yang dilakukan Pemkab Pandeglang, Senin, 03 Januari 2022.

Para ahli waris itu didampingi Uday Suhada, selaku anggota tim Kuasa Hukum warga dari kantor Hukum EFHA Salim dan Rekan yang berkantor di  Ciputat Tangsel. 

Dalam keterangannya, Uday yang juga direktur eksekutif Aliansi Independen Peduli Publik (ALIPP) ini menjelaskan bahwa Pemkab Pandeglang telah melakukan penyerobotan atas obyek tanah tanpa dasar hukum yang jelas. 

"Saya mendampingi ahli waris untuk memperjuangkan hak mereka atas sebidang tanah yang diserobot Pemda Pandeglang. Karenanya kami melaporkannya ke Polda Banten dua pekan lalu. Alhamdulillah laporan itu hari ini ditindak lanjuti oleh Pihak Harda Polda Banten, yang langsung turunkan Tim ke obyek perkara" ungkap Uday. Jum'at 04 Maret 2022.

Seperti diketahui, sengketa tanah Karangsari di pantai Carita Pandeglang, sempat geger pada tahun 2004 lalu, yang menelan uang rakyat sebesar Rp5 milyar yang bersumber dari APBD (Rp1,5 M APBD Pandeglang, Rp3,5 M APBD Banten).

Uday menjelaskan, bahwa Pemkab Pandeglang pada Rabu (03 Desember 2021), secara mengejutkan melakukan penyerobotan dengan mengambil alih pengelolaan lahan tersebut dengan menggandeng Pihak Ketiga. 

"Tak tanggung-tanggung, Pemkab melalui Surat dari Sekda, mengerahkan aparat kepolisian setempat dan Satpol PP untuk mengamankan penguasaan lahan tersebut," tambah Uday.

"Adapun dasar pelaporan kami antara lain, bahwa Almarhum Unus bin Saripan meninggalkan warisan sebidang tanah di blok Cileuweung Desa Sukarame Kecamatan Carita Kabupaten Pandeglang. Buktinya adalah Girik C No.19 Persil 137a D IV seluas 10.950 meter persegi. Dengan letak batas, sebelah utara tanah Ipik bin Husen; timur jalan raya; selatan tanah Noti (selokan) dan barat tanah Ipik bin Husen," terang Uday.

Selain itu, ahli waris juga memegang Surat Keputusan Pengadilan Agama Pandeglang tahun 2005 tentang Fatwa Waris dan Harta Waris. 

"Atas kepemilikan tanah itu tidak pernah menjual, menyewakan, meminjamkan, menjadikan sebagai obyek perjanjian kerjasama dengan siapapun. Tapi Pemkab Pandeglang malah menyerobot tanah rakyatnya sendiri." bebernya. 

Pada 13 Oktober 1997, kata Uday, lahan itu, tanpa hak, ijin, persetujuan diklaim oleh seorang bernama (Alm) Omo Sudarmo melalui Sertifikat Hal Milik No.690/Desa Sukarame. 

Bermodalkan "Sertifikat", tanah itu dijualnya kepada (Alm) Chasan Sochib, melalui pengikatan perjanjian AJB pada 20 Agustus 2001. 

Kemudian, masih kata Uday, Bupati Pandeglang Ahmad Dimyati Natakusumah juga mengklaim tanah tersebut, dan berperkara perdata dengan (alm) Chasan Sochib dan (alm) Omo Sudarmo di PN Pandeglang. Perseteruan itu dimediasi oleh PN Pandeglang melahirkan Surat Perjanjian Perdamaian No.20/Pdt G/2001/PN.Pdg.

Atas surat itu, Pemkab Pandeglang harus memberikan kompensasi Rp5 milyar kepada H Chasan Sochib, karena tidak memiliki uang sebesar itu, kemudian Bupati A. Dimyati Natakusumah mengajukan permohonan bantuan ke Gubernur Djoko Munandar, namun tidak diindahkan. 

Ahmad Dimyati Natakusumah kemudiam mengajukan permohonan kepada Wagub Atut Chosiyah.

Atas instruksi Wagub Banten, anggaran untuk Penguat Jalan Pandeglang - Serang sebesar Rp5 milyar di Dinas PU Provinsi Banten dialihkan ke pembebasan lahan Karangsari, sebesar Rp3,5 milyar, sedangkan dana Rp1,5 milyar berasal dari Pemkab Pandeglang. 


5 MILYAR UANG NEGARA HILANG

Pengalihan anggaran tersebut kemudian membuat Kejati Banten menetapkan Sdr.Tntn sebagai tersangka. Namun uniknya perkara tersebut diSP3kan oleh Kejati sendiri. Akibatnya, terdapat kerugian keuangan negara Rp.5 milyar.

Di lain pihak, ahli waris Ipik bin Husen (pemilik lahan di sebelah barat lahan milik Unus bin Saripan) melakukan gugatan atas Sertifikat milik Omo Sudarmo ke PN Pandeglang. Gugatannya dikabulkan melalui Putusan PN No.09/Pdt.G/2011/PN.Pdg. Dalam amat putusannya disebutkan "Menyatakan Sertifikat Hak Milik No.690/Desa Sukarame tidak sah dan tidak mempunyai kekuatan hukum". 

Apalagi dalam Sertifikat No.600/Desa Sukarame titik lokasinya bukan di blok Cileuweung, melainkan di blok Cigarokgak (saat ini kantor UPT Kelautan Kab. Pandeglang). "Jadi Pemkab Pandeglang salah alamat", tukas Uday.

Amar putusan Pengadilan Tinggi Banten No.37/Pdt/2013/Banten menguatkan putusan PN Pandeglang. 

Amar putusan Mahkamah Agung dengan Putusan MA No.2720 K/Pdt/2013 pun menguatkan putusan PN Pandeglang dan PT Banten. 

Puncaknya dalam amar putusan Mahkamah Agung dengan Putusan PK No.223 PK/Pdt/2016, berbunyi, "Menolak permohonan Peninjauan Kembali dari Pemohon yakni Bupati Pandeglang".

Dari semua putusan tersebut, tak ada satupun klausul yang menyebutkan adanya sebidang tanah atau lahan milik Pemkab Pandeglang. (la) ***

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama