Kinerja Dinas PUPR Sergai Dipertanyakan, Baru Diresmikan Jalan Aspal Ancol Dolok Merawan Banyak Kerusakan

Jalan penghubung Kecamatan Sipispis ke Dolok Merawan kondisi berlubang, retak dan terkupas. 

Reporter MenaraToday.Com / Irlan Situmorang

MenaraToday.Com - Serdang Bedagai :

Jalan aspal hotmik Ancol - Gunung Para yang menghubungkan Kecamatan Sipispis dengan Kecamatan Dolok Merawan, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), terlihat kondisinya banyak ditemui kerusakan yang mencapai puluhan titik. 

Badan jalan terlihat banyak yang retak-retak pecah memanjang, aspal terkelupas tidak lengket, batu split terlihat berserakan keluar, pinggir badan jalan terkikis karena terkesan rapuh dan lembek, badan jalan berlubang - lubang kecil, pinggir beram badan jalan terlihat keropos dan terkikis.

Padahal jalan tersebut baru saja dibangun pada sekitar Bulan Desember Tahun 2021 lalu dan sudah Diresmikan oleh Bupati Sergai, H.Darma Wijaya didampingi oleh Wakil Bupati H.Adlin Tambunan, pada Senin 3 Januari 2022 lalu, yang pada saat itu sekaligus meresmikan jalan aspal hotmik di Desa Simalas, Kecamatan Sipispis.

Informasi yang dihimpun MenaraToday.Com, kerusakan jalan yang baru dibangun ternyata tidak hanya di Kecamatan Dolok Merawan saja, kejadian serupa juga terjadi dijalan aspal hotmik Sei Parit Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah.

Banyaknya kerusakan - kerusakan pada jalan aspal hotmik yang baru dibangun tersebut menjadi sorotan Media dan LSM sebagai kontrol sosial, juga dikeluhhan masyarakat dan pengguna jalan. Tak hanya itu, kinerja Dinas PUPR Sergai pun dipertanyakan oleh masyarakat dan publik.

Menanggapi adanya kerusakan jalan yang baru dibangun ini, Ketua LSM STRATEGI, Ridwan Siahaan, mengungkapkan kerusakan badan jalan hotmik tersebut diduga akibat kurang baiknya mutu hasil pekerjaan.

Dijelaskannya, dari beberapa foto dokumentasi dilapangan, diduga dalam menjalankan teknis pekerjaan jalan tersebut, rekanan kurang dalam penggunaan bahan material.

"Atas kejadian ini, selaku sosial kontrol, kami akan memantau langsung pelaksanaan pekerjaan perbaikan kembali atau perawatan pada pengaspalan ini, agar teknis pekerjaan dapat berjalan dengan sebenarnya" Tegas Ketua LSM ini kepada Media.

Terkait banyaknya kerusakan - kerusakan pada jalan aspal hotmik yang baru dibangun pada Desember Tahun 2021 lalu, MenaraToday.Com mencoba konfirmasi kepada Johan Sinaga, selaku Kepala Dinas (Kadis) PUPR Kabupaten Sergai, Kamis (17/3/22) Kadis PUPR inipun berjanji akan segera memperbaikinya.

"Baik tumorang, atas informasi yang berharga ini, akan kami segerakan memperbaiki karena masih tanggung jawab rekanan sampai bulan Juni ini. Terimakasih ya" Balas Kadis PUPR Sergai ini.

Diketahui, dari data LPSE Kabupaten Serdang Bedagai, kegiatan peningkatan ruas jalan Ancol - Gunung Para, Kecamatan Dolok Merawan, menghabiskan anggaran negara sebesar Rp 11 Milyar, dengan pemenang atau pelaksana proyek LENTERA ALFATIH.(Tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama