PT. TPL Beri Kontribusi Peningkatan Pendidikan Berkelanjutan dan SDM Berkulitas

MenaraToday.Com - Toba : 

PT Toba Pulp Lestari, Tbk, (PT.TPL), kembali memberikan kontribusi dalam peningkatan dunia pendidikan yang berkelanjutan dan menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkelanjutan.

Dukungan dan kontribusi yang diberikan PT.TPL baru-baru ini menorehkan prestasi yang cukup membanggakan. Yakni melalui keberhasilan Tim Atlet Wushu Sekolah Menengah Pertama (SMP) Yayasan Bonapasogit Sejahtera (YBS) yang meraih 5 Medali di kejuaraan Open Championship Wushu Sanda 2022  yang diselenggarakan oleh Sekolah Tinggi Olahraga dan Kesehatan (STOK) Bina Guna pada tanggal 23 - 27 Maret 2022 yang lalu, bertempat di GOR Dinas Pemuda dan Olahraga, Medan, Sumatera Utara.

Enam siswa/i yang tergabung dalam tim atlet Wushu SMP YBS berpartisipasi di kejuaraan ini, meraih medali yakni Yolanda Hutapea meraih Medali Emas, Raelisa Manurung dan Yosua Butarbutar meraih Medali Perak. Sementara itu, George Morales, Jhon Felix dan Winny Sitepu meraih Medali Perunggu.

Keberhasilan ini tak lepas dari dukungan Toba Pulp Lestari (TPL) yang turut hadir berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan dan menciptakan sumber daya manusia yang unggul. Sebelumnya, TPL memberikan dukungan berupa Perangkat Matras Bela Diri sebanyak 30 Unit untuk membantu meningkatkan para latihan dan persiapan atlet dan mendukung transportasi pada saat kompetisi diluar kota.

Dukungan ini kemudian berlanjut dengan pemberian apresiasi dan hadiah kepada para atlet kejuaraan tingkat nasional yang berprestasi. 

Yolanda Hutapea (12), yang kesehariannya merupakan siswi kelas VIII SMP YBS tidak menyangka dapat memenangkan medali emas. Awalnya, Yolanda sempat merasa tidak yakin sebab walaupun sudah menekuni Wushu sejak umur (8) tahun, akan tetapi baru kali ini Yolanda mengikuti kejuaraan resmi. Namun, dia mendapatkan dorongan dari orang-orang di sekitarnya termasuk orangtua dan guru serta pelatih di sekolah. 

Saya benar-benar ingin mencoba yang terbaik dan tidak menyerah hingga akhir, Puji Tuhan bisa meraih hasil yang terbaik. Terimakasih kepada pihak sekolah dan pelatihan yang sudah mengajarkan saya, saya berjanji akan terus berlatih untuk mengikuti kejuaran nasional bahkan internasional, terimakasih juga kepada TPL yang sudah mendukung kegiatan ekstrakurikuler Wushu ini, sebut Yolanda. 

Pelatih tim atlet Wushu SMP YBS, Jhon Ginting,  didampingi Koordinator YBS, Roselly Simanjuntak, mengapresiasi dukungan TPL terhadap kemajuan pendidikan di Kabupaten Toba. Beliau menyampaikan bahwa rangkaian dukungan ini merupakan faktor penting yang dilakukan untuk menopang siswa/i yang mengikuti kejuaraan Wushu. Jhon sendiri yang merupakan mantan atlet wushu berprestasi skala internasional, menjadi guru sekaligus pelatih siswa/i ingin menanamkan nilai karakter Wushu kepada siswa/i YBS sejak dini. 

Kuncinya adalah disiplin dan juga nilai karakter Wushu kami coba tanamkan kepada semua anak didik, seperti jiwa kompetitif, sportif, disiplin, jujur, percaya diri, mandiri, kerja keras, dapat bekerja sama, dan tidak mudah putus asa dalam meraih cita-cita. Tak lupa kami berterimakasih atas kesediaan TPL untuk mendukung anak-anak dalam masa pembelajaran yang dapat memotivasi siswa. Kami juga mensyukuri kerjasama dengan TPL yang berkontribusi kepada dunia pendidikan melalui kegiatan ini. Sekali lagi YBS Kabupaten Toba menyampaikan terima kasih banyak kepada perusahaan, ujar Jhon. 

Jhon menambahkan, YBS sebagai wadah yang siap mendorong keberhasilan anak didiknya serta ingin menghasilkan generasi-generasi penerus bangsa yang berprestasi baik dibidang akademik, olahraga dan seni. Hal ini terbukti dari berbagai prestasi-prestasi yang dicapai oleh para siswa-siswi selama ini yang tidak terlepas dari dukungan Ketua YBS, Juanda Panjaitan. Serta dukungan seluruh tenaga pendidik yang sangat solid dalam mendukung semua aktivitas anak didiknya dan juga para orangtua. 

Prestasi yang diraih YBS di cabang olahraga Wushu sendiri sudah banyak. Baik di tingkat provinsi, nasional bahkan internasional diantaranya, Medali Emas pada Kejurnas Wushu junior di Pangkal Pinang, Medali Emas Lomba Wushu Antar Guru/Pelatih Tingkat Nasional, Medali Perunggu pada Kejuaraan Internasional Wushu Junior Championships Brunai Darussalam di Brunei Darusalam, Medali Emas pada cabang olahraga Wushu Sanda pada Kejuaraan Nasional Wushu All Games di Jakarta, 05-11 Desember 2021. 

Selain itu, di tahun 2022 YBS juga meraih prestasi melalui 3 orang siswa yang meraih Medali Perunggu pada Lomba Sains Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat nasional untuk bidang IPA dan Matematika unit SD, bidang Matematika unit SMP. Kemudian, sebanyak  16 orang siswa SMP YBS diterima di SMA Unggulan Yayasan Tunas Bangsa (jumlah terbanyak) dan 8 orang siswa lulus tes akademik ke SMA Unggul DEL. 

Direktur TPL, Jandres Silalahi, kepada sejumlah media (Jumat 6/5/22) mengatakan bahwa dukungan dan apresiasi yang diberikan oleh perusahaan ini sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Toba Unggul dan Bersinar dalam memberdayakan sumber daya manusia.

Ia berharap, perusahaan dapat memberikan yang terbaik untuk kemajuan dunia pendidikan, terlebih di cabang olahraga Wushu. 

Kami sangat mendukung para atlet Wushu ataupun cabang olahraga lainnya, agar dapat terus berprestasi  sampai ke kanca Internasional dan sesuai harapan dari perusahaan terutama dalam bidang pendidikan yang sejalan dengan tujuan pembangunan berkelanjutan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas, tutup Jandres.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama