Usman Effendi Sitorus: 'Bupati Sergai Sudah Saatnya Evaluasi Kinerja OPD'

H. Usman Effendi Sitorus, S.Ag., M.SP, Tenaga Ahli Bupati Sergai.

MenaraToday.Com - Sedang Bedagai :

Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H Darma Wijaya sudah saatnya mengevaluasi kinerja para OPD yang tidak maksimal dalam mengemban tugas-tugasnya.

Demikian ditegaskan H. Usman Effendi Sitorus, S.Ag., M.SP selaku Tenaga Ahli Bupati Sergai, Rabu (18/5/22) di Sei Rampah.

Menyikapi pemberitaan media sebelumnya, ia mengatakan seperti keberadaan pusat UMKM Dodol Bengkel yang sekarang, bukan masalahnya karena efek pembangunan jalan Tol, tapi kita yang tidak serius dalam menanganinya. 

"Dengan bantuan tirai bambu itu kepada pihak pengusaha dodol, terkesan itu sangat mempermalukan Bupati dan Wabup. Hal itu bukan support dan inovasi dalam membangkitkan kembali ekonomi UMKM Dodol Bengkel," ujar yang akrab disapa Ustor ini.

Selain itu, sebut Ustor, terkait kolam renang Erry-Soekirman yang kondisinya sangat miris. Jika kalau dikelola oleh pihak ketiga itu sah-sah saja namun aset tetap Pemkab Sergai, sehingga dapat beroperasi seperti dulu.

"Nah, apabila dilakukan secara menarik dan ditata dengan baik seperti pusat kuliner dan objek wisata, orang itu pasti singgah dan tetap datang walaupun lokasinya jauh," katanya.

Soal sejumlah OPD menyebut tidak adanya anggaran, Sekretaris DPW PPP Provinsi Sumatera Utara itu juga menegaskan seharusnya semua OPD itu berinovasi dan berupaya mencari anggaran.

Misalnya, mencari sumber anggaran yang tidak mengikat dan lainnya, itulah merupakan inovasi. 

"OPD bukan hanya menghabiskan anggaran namun harus terus berinovasi. Anggaran yang telah diberikan Pemerintah seharusnya mendorong kepala OPD agar bekerja dengan baik," bilangnya.

Selaku Tenaga Ahli Bupati, Ustor kembali menegaskan sudah saatnya Bupati melakukan evaluasi kinerja kepala OPD yang tak paham dalam pencapaian 7 SAPTA DAMBAAN itu. Maka hari ini belum tercapai diantaranya tidak ada "Ekonomi Berdaya Saing".

Adapun 7 SATPA DAMBAAN yaitu 

1, Sekolah Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas (Mantab), 

2, Masyarakat Sehat dan Religius. 

3, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan. 

4, Infrastruktur Terintegrasi, 5, Ekonomi Berdaya Saing. 6, Wisata Maju Terus dan 

7, Birokrasi Dambaan.

"Dari program andalan SAPTA DAMBAAN itu, hanya 1 yang menurut saya berhasil dan terasa ditengah masyarakat yakni Infrastuktur Terintegrasi, namun itu merupakan inovasi Bupati sendiri," paparnya.

Oleh karena itu, Ustor menilai para kepala OPD belum maksimal, patutlah sudah dievaluasi. Karena dinilai Bupati saat ini jalan sendiri, maka terkesan kepala OPD seperti ada yang punya kemauan tapi tak punya kemampuan, ada yang punya kemampuan tapi tak ada kemauan.

"Saya sayang dengan Bupati kita, karena Bupati H Darma Wijaya itu orang baik. Kemudian ia juga pancasilais yang mau mendengarkan suara rakyat," tutupnya.(Tim)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama