Wabup Hadiri Grebeg Suro Mayu Bumi Giri Tirta Tirtoyudo

MenaraToday.Com - Malang :

Pembukaan acara grebeg suro mayu bumi giri tirta di Padepokan Kendedes desa Gadungsari kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang hari ini Jumat 29/07/2022 telah resmi dibuka.

Pembukaan acara ini dibuka oleh Wakil Bupati Malang Didik Gatot Subroto yang didampingi oleh Kepala Dinas Koperasi, Kepala Dinas Pariwisata, Camat Tirtoyudo, Polres Malang, TNI, GANUSA, Himpunan Penghayat  Kepercayaan, Cangkrukan Ngaji Budaya dan seluruh perwakilan seni dan budaya, dalam acara ini dihadiri juga semua lapisan masyarakat

Wakil Bupati Didik dalam sambutannya “saya sangat apresiasi acara ini perlu adanya penggagas, penggiat dalam kebudayaan yang memiliki nilai-nilai luhur. Dalam uri-uri kebudayaan perlu adanya sinergi antara pelaku budaya, masyarakat dan pemerintah, disini bisa kita lihat semua kegiatan ini tidak hanya uri-uri budaya disini ada pelaku UMKM yang memamerkan usahanya”

Saya memerintahkan Dinas -dinas terkait untuk memperhatikan dan memberikan apa yang bisa diberikan pemerintah untuk memajukan kebudayaan dan UMKM agar perekonomian dimasyarakat tumbuh kembali setelah landainya masa pademi ini, Tandas Didik 

M Caping atau biasa di kenal Gus Caping Al Caocao wakil dari Cangkrukan Ngaji Budaya (CNB)  sangat mengapresiasi dengan adanya Grebeg Suro di wilayah kabupaten Malang umumnya dan di wilayah Tiryoyudo khususnya ini. Menurutnya, karena selain memiliki nilai filosofi, melalui kegiatan seperti juga adalah upaya untuk melestarikan budaya lokal.

“Kegiatan uri-uri budaya ini sangat baik dan sangat positif sekali, sehingga budaya kita tetap eksis dan dicintai oleh semua lapisan masyarakat.

Selain itu, dikatakan pula kreativitas warga dalam mengkreasikan ide dan gagasan dituangkan dalam berbagai pentas seni budaya dan adat istiadat lokal yang tidak mengekor pada budaya dan adat istiadat dari luar yang berpotensi terjadinya degradasi budaya nusantara.

Tentunya kita akan terus mendukung acara ini, karena grebeg suro ini memiliki pesan yang kuat bagaimana untuk bersyukur kepada Tuhan YME dengan memberikan tontonan untuk dijadikan sebagai tuntunan dalam berkehidupan sekalugus menyantuni anak anak yatim piatu, seperti yang kita lihat tadi wakil Bupati Malang memberikan santunan kepada anak yatim.  (Sunarto)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama