RHS Dinilai Kurang Tanggap Untuk Membantu Masyarakat Serbelawan Yang Terdampak Banjir

Ket,foto: Damkar Bridgestone bersihkan lokasi banjir bersama TNI-POLRI 
Menaratoday.com, Simalungun:

Pemerintah Kabupaten Simalungun dibawah pimpinan Radiapoh Hasiholan Sinaga (Bupati) seakan tidak peduli dengan kebutuhan masyarakat saat terdampak banjir bandan yang menerjang pemukiman warga, sehingga banyak rumah warga tidak layak huni karena material lumpur maupun kayu yang terbawa air banjir.

Hal tersebut menjadi kekesalan dari masyarakat sekitar yang terdampak banjir, dimana RHS dinilai tidak cepat tanggap dalam penanganan bencana alam seperti yang terjadi di Serbelawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Rabu (18/8/2022).

"Kejadian banjir yang menerjang pemukiman warga hari ini sangat banyak di Serbelawan ini sangat banyak, Namun belum ada terlihat pemerintah turun bersama peralatan kebutuhan pembersihan pemukiman warga seperti Mobil damkar, mesin pompa air maupun alat berat yang dapat mengangkat material kayu yang bertumpuk di pemukiman warga" Jelas Warga yang tidak ingin menyebutkan nama.
Ket,foto: PT. Bridgestone serahkan bantuan
Dan masih dengan warga sekitar lokasi, "Kami sangat heran, Pemkab Simalungun sebenarnya memiliki perangkat yang lebih cepat membantu masyarakat, ini malah perusahaan swasta yang lebih cepat tanggap dengan menurunkan Kendaraan pompa air atau dikenal Damkar serta memberikan bantuan sembako untuk bantuan sementara bagi masyarakat yang saat ini kewalahan mencari kebutuhan makanan karena banyak yang kebutuhan masak terkenak air banjir, dan tidak layak dikonsumsi lagi" Jelasnya.

Masih dengan warga terdampak banjir, "Saya sendiri sangat menyayangkan sikap pak Bupati yang terkesan lambat menangani hal seperti ini, jadi dimana fungsi tugas OPD BPBD, Dinas Sosial, Kesehatan maupun juga PUPR. Berarti ini karena tidak ada perintah dari Bupati sehingga tidak turun membantu masyarakat?" Cetusnya.

Sedangkan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Ramadan Damanik saat dikonfirmasi melalui pesan WhatsApp, hanya memperlihatkan foto 1 unit mobil damkar sembari menjelaskan untuk bantuan sosial telah disampaikan dinas terkait.
Foto: Gambar yang dikirim kepala BPBD Simalungun pada wartawan

"kegiatan dari bpbd saat ini melakukan pembersihan rumah warga,sekolah dan rumah ibadah dengan unit damkar pemkab simalungun dan bridgestone.
Dinas sosial telah menyampaikan bantuan bahan pokok untuk warga yang tertimpa bencana banjir.

penanganan kedaruratan kedepan melakukan perbaikan kerusakan tembok penahan.
untuk langkah penanganan penanggulangan banjir agar berkoordinasi dengan bws dan psda.terimakasih" Balasnya melalui pesan WhatsApp dan mengirimkan foto damkar.

Masyarakat diminta pemerintah lebih tanggap dalam penganan bencana alam dan bantuan benar-benar sampai pada masyarakat yang terdampak dan harus bisa dilakukan pengawasan yang baik supaya tidak penyimpangan dengan mengatas namakan bantuan sosial buat masyarakat terdampak banjir. (R1/red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama