BMKG Catat Ada 4 Kali Gempa Di Taput Pagi Tadi

MenaraToday.Com - Taput : 

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat ada 4 kali gempa yang terjadi di Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (1/10/2022)..

Berdasarkan keterangan Plt. Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Daryono yang dikutip dari situs resmi BMKG menjelaskan bahwa gempa bumi yang menggoncang Tapanuli Utara memiliki parameter update dengan magnitudu M 5,8, episenter gempa bumi terletak pada koordinat 2,11 derajat Lintang Utara : 98,83 derajat Bujur Timur tepatnya berada di lokasi di darat wilayah Tapanuli Utara pada kedalaman 10 KM.

"Berdasarkan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesae Besar Sumatera Segmen Renun. Dan hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (Strike-slip). Dimana gempa Taput ini dirasakan di Tarutung dengan skala intensitas VI MMI atau getaran dirasakan semua penduduk.

Informasi terkini, masyarakat Taput, masih berkumpul di luar rumah, sementara pihak TNI/Polri dan Forkopimda Tarutung, Taput masih melakukan pendataan terhadap bangunan yang rusak maupun korban baik korban luka-luka dan korban jiwa. (Nn)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama