Festival Dangdut dan Lomba Layang - layang Desa Bagan Kuala Berjalan Sukses, Safril : Terima kasih kepada Lantamal I Belawan

MenaraToday.Com - Serdang Bedagai :

Penutupan festival dangdut dan lomba layang - layang dalam melestarikan seni budaya yang digelar di Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Sumatera Utara (Sumut), Sabtu (22/10/2022) berjalan dengan sukses.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Danlantamal I Belawan Letjend Johanes Djarko Wibowo diwakili Wadanlantamal I Belawan Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos, Aspotmar Lantamal I Kolonel Maslan Tumanggor, SH, Asops Lantamal I Kolonel Gema Eka Putra, Aspers Kolonel Husni, Aslok Kolonel Hotdi Sinaga serta anggota, Asisten II Drs. Nasrul Aziz Siregar, Kadis Poraparbud Sergai Drs. Zulfikar, Camat Tanjung Beringin Elmiati, S.AP, Kades Nagur Ruslan, Kades Bagan Kuala Safril, Kapolsek Tanjung Beringin AKP T. Sihombing, Danramil Tanjung Beringin, Duta Maritim Indonesia Tahun 2022, serta para pengunjung Pantai Merdeka.

Danlantamal I Belawan Letjend Johanes Djarko Wibowo dalam sambutan tertulisnya dibacakan Wadanlantamal I Belawan Kolonel Marinir Sugianto, S.Sos menyampaikan, kegiatan ini merupakan kerjasama Lantamal dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai yaitu Pemerintahan Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin.

Kegiatan festival dangdut dan lomba layang - layang yang digelar di Desa Bagan Kuala ini merupakan salah satu program kerja Kampung Bahari Nusantara (KBN II) dalam memperebutkan Piala Danlantamal I Belawan.

"Kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya serta mengembangkan potensi kearifan lokal untuk objek wisata khususnya Desa Bagan Kuala," terangnya.

Wadanlantamal I Belawan itu juga menambahkan, selain melestarikan seni budaya, ini juga dapat memberikan kontribusi positif dalam promosi kepariwisataan di Sergai khususnya Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala.

"Untuk itu diharapkan kedepan khususnya Pemkab Sergai agar dapat terus memajukan desa wisata ini," ujarnya.

Dikesempatan itu, Bupati Sergai H. Darma Wijaya mengucapkan terima kasih kepada Lantamal I Belawan dalam mengembangkan wisata yang mana telah membuat Desa Bagan Kuala untuk dijadikan desa wisata yang sebelumnya pernah viral.

Tentunya ini merupakan salah satu visi misi kami untuk mengembangkan objek desa wisata yang ada di Kabupaten Sergai. Jadi bukan hanya Desa Pantai Cermin aja yang ada objek wisatanya, akan tetapi bagaimana juga dapat dibukanya objek wisata di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin untuk mengedukasi dan mengajak masyarakat memajukan wisata di Sergai.

"Kami berharap Lantamal dapat kiranya membantu untuk memajukan destinasi wisata di Sergai ini. Kami tetap mendukung dan jika bisa kita buat kolaborasi antara Lantamal dan Pemkab Sergai dalam memajukan wisata dengan berbagai macam kegiatan salah satunya seperti lomba layang - layang dan dangdut ini," ungkap Bupati.

Usai kegiatan, Safril selaku Kepala Desa (Kades) Bagan Kuala mengucapkan rasa syukurnya karena kegiatan festival dangdut dan lomba layang - layang dalam program KBN II Lantamal I Belawan yang digelar di Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala berjalan dengan sukses.

"Alhamdulillah kegiatan festival dangdut dan lomba layang - layang di Pantai Merdeka Desa Bagan Kuala berjalan sukses," ucapnya.

Safril menjelaskan, bahwa kegiatan ini berkat kerjasama Lantamal I Belawan bersama Pemerintahan Desa Bagan Kuala, Kecamatan Tanjung Beringin serta dukungan masyarakat sekitar yang ikut  disponsori oleh PT. Djarum.

Menurutnya kegiatan program KBN II Lantamal I Belawan dalam mengembangkan potensi objek wisata di Desa Bagan Kuala ini sangat bagus selain untuk melestarikan seni budaya, ini juga nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat sekitar desa.

"Terima kasih kepada Lantamal I Belawan memilih Desa Bagan Kuala dalam program KBN Lantamal dan mengembangkan objek wisata di Kecamatan Tanjung Beringin," ucap Safril. 

Untuk itu kata Safril, dirinya selaku Kepala Desa Bagan Kuala berharap kepada masyarakat untuk terus melestarikan apa yang telah menjadi potensi salah satunya menjadi objek wisata di desa ini.

Selain itu mari kita sama - sama dapat menjaga, merawat dan merasa memiliki apa yang sudah menjadi ikon wisata di desa ini agar Pantai Merdeka ini tetap terlihat bersih dan asri.

"Mari kita tanamkan dan timbulkan rasa memiliki apa yang menjadi ikon wisata di Desa Bagan Kuala ini agar tetap lestari," ungkap Safril.  

Adapun peserta yang juara dalam festival dangdut Piala Danlantamal I Belawan adalah Putri meraih juara I, Hery juara II, Rahmayuni juara III dan Siti meraih juara IV.

Untuk lomba layang - layang juara I dimenangkan oleh Muhammad Arpan dengan jenis layang Sendaren Tradisional, juara II Habib jenis layang Saribudi, juara III Samsul jenis layang Saribulan Kampung Kito dan juara IV jenis layang Saribulan.

Para juara festival dangdut dan lomba layang - layang masing - masing mendapatkan untuk juara I hadiah trophy dan uang senilai Rp 3 juta, juara II hadiah trophy dan uang Rp 2 juta, juara III hadiah trophy dan uang Rp 1 juta dan juara IV mendapatkan hadiah trophy dan uang senilai Rp 500 ribu. (Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama