'Mimide' Kedokan Bunder Siap Tampil di Indramayu Expo

 

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Mimide yang satu ini bukan sekedar mimide. Pasalnya, Mimide dari Desa Jayalaksana Kecamatan Kedokan Bunder ini memiliki rasa yang bikin kangen dan ketagihan.

‘Mimide' merupakan salah satu merek pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) milenial dengan produk nastar berisi selai mangga gincu dan cengkir. Dengan memanfaatkan olahan mangga ini nastar memiliki rasa yang baru dan diterima oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga orang tua.

Dengan memanfaatkan berbagai potensi yang ada di sekitar desanya, produksi nastar selai mangga gincu dan cengkir ini menggandeng Gapoktan untuk menyuplai kebutuhan bahan baku mangga. Hasilnya, para pelaku UMKM saling menguatkan untuk terus mengembangkan usahanya.

Pemilik 'Mimide' Ny. Ninih menjelaskan, produk Mimide kini telah memiliki ijin nomor PIRT yang telah difasilitasi oleh Dinas Kesehatan melalui Puskesmas Kedokan Bunder, memiliki merek, dan kini tengah mengurus ijin sertifikasi halal bersama Diskopdagin Indramayu.

Ninih menambahkan, saat ini dirinya konsentrasi di produksi sedangkan untuk pemasaran dirinya telah membuka kepada siapapun untuk menjadi reseller produknya. Pemasaran 'Mimide' saat ini juga telah dilakukan melalui online sehingga sudah menjangkau luar kota dan juga luar negeri.

"Alhamdulillah dengan dijual online sudah merambah luar kota dan luar negeri terutama teman-teman pekerja migran," katanya, Senin (3/10/2022).

Sementara Camat Kedokanbunder, Atang Suwandi menjelaskan, pihaknya sangat memberikan tempat kepada pelaku UMKM di wilayahnya untuk terus berkembang pesat. Kehadiran UMKM menjadi sarana untuk peningkatan ekonomi keluarga.

Selain itu, sebagai dukungan kepada UMKM di Kecamatan Kedokanbunder, puluhan produk UMKM akan di pamerkan pada ajang Indramayu Expo yang berlangsung di Sport Center Indramayu.

"Kami hadirkan UMKM dari Kedokan Bunder, jangan lupa mampir support UMKM kami," tegas Atang.  (MT/Jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama