Warga Desa Sudimampir Lor Padati Acara Adat Unjungan Mbah Buyut Mesir dan Mbah Buyut Banteng

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Lantunan suling dan musik gamelan pagelaran seni Sandiwara Aneka Tunggal kala itu menjadi obyek keramaian Adat Unjungan Mbah Buyut Mesir dan Mbah Buyut Banteng, di Desa Sudimampir Lor, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Selasa (8/11/2022).

Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik pada Setda Indramayu Sugeng Heryanto mewakili Bupati Indramayu Nina Agustina dalam menghadiri Adat Unjungan di Desa Sudimampir Lor, Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu.

Selain, Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik Sugeng Heryanto juga dihadiri sekaligus warga asli Kecamatan Balongan yakni Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Indramayu Sirojudin didampingi Camat Balongan Opik Hidayat bersama jajaran dan pemerintah desa setempat.

Staf Ahli Bidang Pemerintah, Hukum dan Politik pada Setda Indramayu Sugeng Heryanto menilai, tradisi Adat Unjungan Mbah Buyut Mesir dan Mbah Buyut Banteng merupakan pelestarian adat budaya dari para leluhur dahulu dan sebagai ungkapan rasa syukur kepada maha pencipta atas limpahan hasil panen yang diberikan melalui doa bersama serta mendoakan para sesepuh Desa Sudimampir Lor.

Sugeng menyampaikan, Pemerintah Kabupaten Indramayu mengapresiasi melihat kekompakan dari masyarakat, terbukti dengan antusias berbondong-bondong dengan membawa nasi tumpeng menghadiri doa bersama di Pasarean Mbah Buyut Mesir dan mbah Buyut Banteng.

“Saya mewakili Bupati Indramayu Hj. Nina Agustina karena beliau sedang ada tugas luar kota. Sangat mendukung sekali dengan adanya kegiatan melestarikan budaya menghormati jasa para leluhur,” katanya.

Sementara itu Wakil Ketua DPRD Indramayu Sirojudin berharap, adat unjungan di Pasarean Mbah Buyut Mesir dan Mbah Buyut Banteng dapat terus dikembangkan sehingga kekompakan warga setempat terjalin serta masyarakat Desa Sudimampir Lor turun temurun mengenalkan tradisi Unjungan kepada anak dan cucu. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama