Bupati Sergai Masuk 10 Penerima Anugrah Kebudayaan PWI Pusat 2023

MenaraToday.Com - Sergai :

Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H.Darma Wijaya masuk 10 nominasi Kepala Daerah se-Indonesia yang akan menerima Anugrah Kebudayaan (AK) PWI Pusat tahun 2023. 

Anugerah Kebudayaan tersebut direncanakan akan diserahkan langsung oleh Presiden RI Jokowi Dodo pada puncak Hari Pers Nasional (HPN)  9 Februari tahun 2023 di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Penghargaan tersebut berdasarkan Berita Acara Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2023 Nomor 12/PWI-P/HPN/2023/XII yang ditetapkan pada tanggal 14 Desember 2022. 

Adapun 10 Kepala Daerah yang terpilih oleh 5 (lima) Tim Juri AK-PWI masing masing yaitu; Agus Dermawan, Atal S Depari, Ninok Leksono, Nungki Kusumomastuti dan Yusup Sosilo Hartono.

Selain Bupati  H. Darma Wijaya yang akan menerima AK PWI Pusat 2023 dengan judul inovasi “Gerakan Cetak sawah mandiri” terdapat  9 (Sembilan) Kepalka Daerah lainnya antara lain; Bupati Halmahera Selatan, Usman Sidik dengan judul proposalnya Inovasi Kopra Putih di Halmahera Selatan, Bupati Sleman Hj. Kustini Sri Purnomo dengan judul inovasi Batik Sinon Salak Sleman Berbasis Kearifan lokal, Bupati Kuningan H Acap Purnama dengan judul Ngarumat Budaya Kuningan, Ngariksa Alammapag Swasembada pangan. Selanjutnya, Walikota Surabaya Eri Cahyadi dengan judul Dandan Omah, Ben Apik Rek, Walikota Medan Bobby Nasution dengan judul Digitalisasi Produk Sandang, Bupati Malang Moh. Sanusi dengan judul Inovasi Pangan Berbasis Kearifal Lokal, Bupati Pesawaran H Dendi Ramdhona K dengan judul Sulam Jelujur dari Pesawaran Untuk Manca Negara, Bupati Indragiri Hilir HM Wardan dengan judul Kelapa yang Membudaya, Bupati Agam Adri Warman dengan judul Strategi Kebudayaan dalam Menjaga Hutan sebagai Ketahanan Pangan.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sergai Drs Akmal AP MSi, Senin (19/12/2022) di ruang kerjanya Komplek Kantor Bupati Sergai, menyebutkan bahwa dengan proposal dan video tentang Gerakan Cetak Sawah Mandiri untuk Mewujudkan Pertanian Kabupaten Sergai yang Mandiri dan Berkelanjutan melibatkan Dinas Pertanian, Dinas Perindag dan Dinas Ketahanan Pangan serta kerja sama dengan PWI Kabupaten Sergai. Kolaborasi ini yang mengantarkan Bupati Sergai H Darma Wijaya terpilih oleh Tim Juri AK PWI Pusat tahun 2023. Setelah ditetapkan pada tanggal 14 Desember 2022 kemarin oleh Tim Juri Pusat, yang menetapkan Bupati Sergai bersama 9 Kepala Daerah di Indonesia penerima AK HPN 2023 pada Puncak HPN di Medan tanggal 7-9 Pebruari 2023 mendatang

Akmal menambahkan, Bupati Sergai akan dijadwalkan menyampaikan presentasi terbuka dengan menggunakan pakaian adat di hadapan Tim Juri pada 3-4 Januari 2023 mendatang di kantor PWI Pusat di Jakarta. 

"Masuk nominasi 10 besar Bupati Sergai penerima Anugerah Kebudayaan, maka selain mempromosikan Kabupaten Sergai di tingkat nasional pada puncak HPN 2023, juga mengembangkan potensi objek wisata yang ada di Tanah Bertuah Negeri Beradat,” papar Akmal

Sedangkan Ketua Panitia AK PWI Pusat 2023, Yusuf Sosilo Hartono saat zoom meeting, Jumat (16/12/2022) mengatakan bahwa pihaknya selama dua bulan membuka pendaftaran AK PWI dalam rangka HPN 2023 bagi Bupati/Walikota se-Indonesia. Selain itu juga menerima proposal dan video yang masuk untuk dilakukan penilaian.

“ Bagi 10 Kepala Daerah yang terpilih akan datang mempersentasekan masing-masing judul pada 3-4 januari 2023 di Kantor PWI Pusat. Kemudian akan dilakukan penilaian oleh tim juri untuk dilanjutkan ke tahap berikutnya hingga pada akhirnya menerima AK PWI Pusat di HPN 2023 di Medan Sumut pada 7-9 Februari 2023 mendatang.

Sedangkan Ketua PWI Sergai Edi Saputra mengatakan sangat bersyukur, dengan program cetak sawah mandiri mengantarkan Bupati Sergai H. Darma Wijaya masuk 10 besar penerima anugrah tersebut. 

" Ini adalah prestasi dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Sergai yang Mandiri, Sejahtera dan Religius, hingga program cetak sawah itu mampu menarik perhatian para dewan juri, selam S2at untuk Bupati Sergai H. Darma Wijaya atas kerja keras sekaligus prestasinya" papar Edi Saputra. (Putra Pane)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama