Camat Sukagumiwang Bagikan Makanan Siap Saji

MenaraToday.Com - Indramayu : 

Camat Sukagumiwang Suratno Sukarja beserta Tim Koordinasi Kecamatan (Tikorcam) membagikan bantuan permakanan kepada Warga Lanjut Usia (lansia) dan penyandang disabilitas sosial di Desa Tersana, Kecamatan Sukagumiwang, Kabupaten Indramayu, Senin ( 26/12/2022).

Dikatakan Camat Sukagumiwang Suratno Sukarja, Program Permakanan adalah Bantuan Sosial (bansos) yang digencarkan Kementerian Sosial (Kemensos) RI dalam upaya penghormatan, perlindungan dan jaminan sosial berupa makanan siap saji yang dibagikan kepada penyandang kesejahteraan sosial.

Adapun stakeholder yang terlibat dalam kegiatan program bantuan permakanan ini yaitu Tikorcam diantaranya Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKTS), Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) serta Kelompok Masyarakat lainnya.

Menurut Camat Sukagumiwang Suratno, kegiatan Program bantuan permakanan di Kecamatan Sukagumiwang dimulai pada tanggal 1-30 Desember 2022, bagi Keluarga Penerima Manfaat (KPM) mendapatkan 2 (dua) kotak nasi dan lauk untuk makan pagi dan sore. 

Sedangkan lanjut Camat Sukagumiwang Suratno Sukarja, untuk penyandang disabilitas dimulai pada tanggal 15-31 Desember 2022 dan mendapatkan 2 paket nasi dan 2 paket makanan awet.

Dijelaskan Camat Suratno, paket makanan ini dibagikan kepada KPM yang sesuai dengan _By Name By Address_ (BNBA) dari Dinas Sosial (Dinsos) yaitu 43 KPM lansia dari 7 desa dan 6 KPM penyandang disabilitas dari 3 desa yaitu Desa Tersana, Desa Sukagumiwang dan Desa Gunungsari.

Kegiatan pemberian bantuan permakanan ini merupakan salah satu program Bupati Indramayu Nina Agustina sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Indramayu kepada para lansia untuk meningkatkan gizi dan kesehatan mereka.

Terlebih jelas Camat Suratno, sebagai upaya perlindungan dan jaminan sosial dalam bentuk pemenuhan kebutuhan dasar berupa pangan yang bernilai gizi, setara dengan asupan gizi yang diperlukan, setiap paket makanan terdiri dari protein nabati, hewani, sayuran dan buah-buahan.

Camat Sukagumiwang Suratno mengatakan, pelaksanaan program tersebut telah diberikan secara simbolis dan kemudian diantar secara langsung ke lansia dan penyandang disabilitas oleh para petugas yang ditunjuk langsung oleh camat.

“Hari ini, kami melaksanakan penyaluran bantuan permakanan bagi lansia dan penyandang disabilitas, tepatnya di Desa Tersana. Sudah kita berikan secara simbolis, dan yang lain akan kami antar langsung ke penerima manfaat oleh petugas yang sudah ditunjuk,” ujar Camat Sukagumiwang H.Suratno kepada menaratoday.com.

Camat Sukagumiwang Suratno berharap, dengan penyaluran makanan siap saji dan lainnya sebagai implementasi program permakanan dapat memberikan manfaat bagi para penerima. Dirinya juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati Indramayu Nina Agustina yang telah menginisiasi program tersebut dalam rangka terwujudnya Indramayu Bermartabat (Bersih, Religius, Maju, Adil, Makmur dan Hebat).

“Saya berharap semoga bantuan ini banyak membawa manfaat bagi para lansia dan penyandang disabilitas penerima program, semoga tambah sehat, bahagia dan sejahtera,” ujarnya. 

Salah seorang warga yang menerima bantuan ini pun tidak luput menyampaikan terima kasih kepada Bupati Nina Agustina. Tidak lupa dirinya mendoakan semoga Bupati Nina Agustina senantiasa diberikan kesehatan.

“Terima kasih Ibu Bupati Indramayu atas makanannya. Semoga Ibu Nina Agustina selalu sehat walafiat dalam memimpin daerah untuk mewujudkan Indramayu Bermartabat,” ujar lansia penerima manfaat. ( Arrie.td )

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama