Jelang Even F1H20, Ketua FBR Toba Soroti Penanganan Sampah

MenaraToday.Com - Toba : 

Dianggap penanganan sampah yang belum optimal oleh Pemkab Toba melalui instansi terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup dikawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu tempat digelarnya even Balap Perahu Motor Internasional 2023 (F1H2O), Ketua Ormas Forum Balige Raja (FBR) Peris Hutagaol, angkat bicara. 

Menurut Peris, penanganan sampah masih belum maksimal. Tong-tong sampah untuk menampung sampah rumah tangga warga, jumlahnya masih minim. Sehingga warga menaruh sampah di plastik-plastik dan seketika menjadi berserak, membuat kawasan itu tampak kumuh.

Hal ini disampaikan Peris Hutagaol menyoroti penanganan sampah dikawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu Balige, lokasi digelarnya even F1H2O, saat diwawancarai sejumlah awak media, Selasa (6/12/2022).

"Even tersebut akan digelar sekira 3 bulan lagi, namun progres pembenahan kebersihan masih berkesan berjalan ditempat. Bagaimana even ini dipromosikan dengan kondisi kebersihan lingkungan yang seperti ini?, cetus Peris kesal. 

Peris menyarankan agar Pemkab Toba melalui instansi terkait, menggalakkan kegiatan kebersihan lingkungan di lokasi even F1H2O, termasuk penanganan sampah. Tong sampah agar ditambah untuk menampung sampah rumah tangga warga yang bermukim di kawasan tersebut, untuk selanjutnya diangkut ke TPA, kata Peris. 

Peris menambahkan, bahwa suksesnya even Balap Motor ini, tidak terlepas dari penanganan kebersihan dikawasan Pelabuhan Mulia Raja dan sekitarnya, bahkan Kota Balige yang nantinya akan dipadati pengunjung untuk menyaksikan even internasional itu, 

Selain optimalisasi penanganan sampah dari pihak pemerintah, Peris Hutagaol yang juga pengusaha Entertainment ini mengimbau masyarakat Balige untuk turut berpartisipasi mendorongnya, melalui kesadaran membuang sampah pada tempatnya. 

Terpisah, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Toba dr Raja ipan Sinurat, mengakui bahwa pihaknya secara inten terus melakukan penanganan sampah di seluruh perkotaan di Toba, termasuk di Balige dan kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu, tempat digelarnya F1H2O nanti. 

Namun masukan dari masyarakat akan tetap diterima untuk mewujudkan Toba yang bersih dan asri, salahsatunya Gerakan Kamis Bersih dan rutinitas penanganan kebersihan akan terus dioptimalkan. 

"Kami tengah melakukan koordinasi dengan pihak Pengelola Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu dan BODT, dalam mewujudkan kawasan Danau Toba yang bersih, khususnya dalam mensukseskan even F1H2O. Kami juga berharap peran serta dari masyarakat untuk mewujudkan kawasan lingkungan masing-masing agar tetap bersih, membuang sampah pada tempatnya", pungkas Rajaipan.(JT) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama