Gerakan Mengaji, Komunitas Wong Edan Bagikan Al Qur'an ke Masjid Hingga Ponpes

MenaraToday.Com - Malang :

Wong edan bersosial, julukan komunitas sosial dan kemanusiaan IPOK87 melakukan aksi inspiratif dengan membagikan puluhan Al Qur'an ke masjid hingga pondok pesantren yang ada di Malang dan Pasuruan.

Selain memberikan puluhan Al Qur'an, IPOK87 juga membagikan sejumlah sembako dan peralatan sekolah untuk warga binaan. Dalam kegiatan tersebut, komunitas yang di ikuti para relawan kian menyebar ke pelosok untuk mencari target yang bakal di berikan bantuan.

"Aksi bagi Al Qur'an ke masjid dan pondok pesantren ini untuk mendukung gerakan mengaji. Sebagaimana yang kita tahu masjid dan ponpes adalah tempat belajar mengaji bagi anak-anak dan masyarakat. Semoga dapat melahirkan generasi penerus yang hebat," ujar Ketua IPOK87 Abdus Shomat, Minggu (15/1/2023).

Menurut Shomad dalam kondisi pasca pandemi ini anak-anak seringkali belajar secara online. Oleh karenanya, dengan adanya Al Qur'an baru yang di bagikan komunitasnya itu dapat di manfaatkan untuk mengaji.

"Harapan kami dengan pembagian Al Qur'an ini bisa memberikan semangat anak-anak untuk mengaji di masjid maupun ponpes," katanya.

Sementara itu pengasuh pondok pesantren Darul Barongan Watugede Singosari Gus Nafis menuturkan, pemberian Al Qur'an ini sebagai suatu gerakan positif yang dilakukan komunitas IPOK87.

Menurutnya, dengan adanya dukungan serta perhatian dari rekan-rekan komunitas sosial ini, dapat menambah semangat anak-anak agar lebih baik dalam membentuk kualitas pendidikan agama.

"Semoga Program sosial yang dilakukan komunitas IPOK87 ini semakin maju agar dalam kiprahnya bisa senantiasa membantu dan memberi manfaat terhadap sesama," pungkas Gus Nafis.

Sementara untuk diketahui, IPOK87 sendiri merupakan komunitas berbasis sosial yang berdiri di Malang sejak tahun 2021. Anggotanya tersebar di berbagai wilayah bahkan terdapat juga di Hongkong. 

Pada kegiatan bakti sosialnya yang rutin di helat setiap bulan sekali, IPOK87 dalam memberikan tali asih di dapatkan dari para donatur, bahkan tidak sedikit juga berasal dari sedekah anggota yang sifatnya sukarela tanpa adanya unsur paksaan.

Dan hingga sejauh ini, berbagai program telah di canangkan mulai dari Malang, Pasuruan, Sidoarjo hingga Blitar. Adapun program IPOK87 diantaranya :

1. Program sembako dhuafa

2. Program sekolah anak yatim piatu

3. Program jambanisasi

4. Program pembangunan tempat ibadah

5. Program takjil

6. Program kurban

7. Dan masih banyak program lainnya. 

Reporter : (Sofyan)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama