Menpora RI Pimpin Rakor Pematangan Persiapan Event F1 Power Boat

Keterangan Foto:Menpora RI Pimpin Rakoor pematangan persiapan penyelenggaraan F1 Power Boat di Toba (JT)

MenaraToday.Com - Toba :

Menjelang pelaksanaan event F1 Power Boat (F1H2O), Panitia Pendukung, Pusat dan Daerah menggelar Rapat Koordinasi (Rakoor) pematangan capaian progres persiapan even internasional tersebut. Rakoor di Pimpin langsung oleh Menpora RI Zainuddin Amali bertempat di Ballrom Hotel Labersa Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatera Utara, Kamis (12/1/23). 

Rakoor  dihadiri oleh Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif Kemenkomarves Odo RM Manuhutu, Perwakilan KemenPUPR, Kemenhub, Kemenkominfo, Basarnas, BNPB Gubernur Sumut Edy Rahmayadi, Kasdam I/BB Brigjen Rifky Nawawi, Kapolda Sumut Irjen Pol.RZ Panca Putra, Perwakilan PT. Aviasi Dan Pariwisata (In Journey) dan sejumlah Panitia Pusat, Panitia Daerah dan Panitia Pendukung F1H2O.

Menpora RI, Zainuddin Amali, dalam arahannya meminta agar seluruh pihak yang terlibat langsung dalam penyelenggaraan Even F1H2O memaksimalkan persiapan di semua bidang, sehingga memperoleh hasil yang memuaskan bagi peserta balap, wisatawan lokal dan mancanegara bahkan memuaskan bagi warga kawasan Danau Toba sebagai tuan rumah.

"Dengan suksesnya Event ini, kita akan mendapatkan kepercayaan kembali menjadi tuan rumah dalam pelaksanaan seri berikutnya. Oleh karenanya, mari bersama-sama bekerja berkolaborasi sesuai tugas tupoksi masing-masing", ujar Menteri. 

Dalam Rakoor ini, Tim Sekretariat Panitia memaparkan hasil tindak lanjut persiapan pendukung penyelenggaraan dibeberapa bidang, diantaranya bidang pengembangan destinasi, pelatihan SDM,  penataan jalan dan kawasan, konektivitas, penahanan Sampah dan IPAL, kesehatan, keimigrasian, kekarantinaan, kepabeanan, acara utama, fasilitas pembayaran dan permodalan, kemananan dan ketertiban dan bidang keselamatan dan kesiapsiagaan bencana. 

Untuk mengoptimalkan progres pencapaian maksimalisasi penyelenggaraan di bidang-bidang tersebut,, telah dilakukan tindak lanjut oleh Panitia Pendukung, Nasional dan Panitia Daerah agar menindaklanjuti progres perkembangan persiapan pelaksanaan F1 Power Boat untuk dilaporkan kepada Dewan Pengarah pada minggu ke-4 Januari.

Berikut beberapa point yang akan dilakukan oleh Panitia yakni, - Kemenkes agar memastikan kesiapan RSUD Porsea sebagai rumah sakit rujukan apabila terjadi kecelakaan pada saat kegiatan. 

Kemenkominfo dan In Journey agar menyusun kalender publikasi bersama yang mengakomodir promosi dari berbagai kementerian, lembaga, pemda dan BUMN,  Kemenkominfo agar berkordinasi dengan On Journey terkait pengadaan media Center di lokasi acara. Kemenhub agar memastikan kesiapan Gedung Pelabuhan Balige sebagai kantor Panitia F1 Power Boat, menyusun rekayasa lalu lintas, bus feeder dari lokasi strategis dan koordinasi dengan pemerintah daerah terkait penyediaan kantong parkir.  KemenPUPR agar memastikan penyelesaian pekerjaan penataan kawasan pembangunan jalan akses di kawasan Balige dan penyiapan jalan yang akan dilalui kontener logistik.  Polri dan TNI agar menyusun rencana pengamanan, baik di kawasan venue dan di teluk Balige.

Dan yang terakhir, -  In Journey, Basarnas, BNPB dan BPBD agar menyusun rencana kontijensi dan kebutuhan persiapan tim keselamatan dan kesiapsiagaan bencana pada saat penyelenggaraan.

Rakoor dihadiri oleh Bupati dan Wakil Bupati maupun perwakilan Pemkab se kawasan Danau Toba. Wadirut On Journey, Kemenkominfo, KemenPUPR, Basarnas, TNI dan Polri.

Usai Rakoor, dilakukan peninjuan lokasi perhelatan F1H2O yang berada di Kawasan Pelabuhan Mulia Raja Napitupulu Balige, Toba. (JT) 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama