Nobar F1 Power Boat, Dilarang Dari Atas Kapal

MenaraToday.Com - Toba :

Rapat Koordinasi Potensi Penonton dan Paket Kapal Wisata F1H2O Danau Toba, digelar secara daring pada 19 Januari 2023 lalu, yang dihadiri oleh Asdep Pariwisata Berkelanjutan-Kemenkomarves, perwakilan PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Injourney), Balai Pengelola Transport Darat Wilayah II Sumatera Utara, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Penyeberangan Danau Toba, BPODT, Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara, Direktorat Even Nasional Dan Internasional, Dinas Pariwisata dan Dinas Perhubungan Kabupaten Se Kawasan Danau Toba, dan Asosiasi ASITA-ASPP-ASTINDO-INTOA DPD Sumut.

Rapat Koordinasi ini, bertujuan untuk mencari solusi alternatif untuk paket wisata dan Kapal Wisata/Kayu potensi penonton F1H2O yang sudah terdata dan terjual, jika sesuai rekomendasi Kemenkomarves-TNI dan Polda, bahwa penonton dari atas kapal dibatalkan/dilarang dan alternatif tempat sandar kapal wisata yang layak pada wisatawan.

Hal itu, disampaikan Kepala Dinas Perhubungan Toba, melalui Gibson Sinaga selaku Kepala Bidang Lalulintas dan Angkutan, saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Senin (30/1/2023).

Gibson mengakui bahwa, awalnya memang direncanakan dapat menonton F1H2O dari atas kapal motor atau tribun terapung, namun dengan alasan mengantisipasi keselamatan dan keamanan pembalap dan penonton, akhirnya rekomendasi ini dibatalkan, sesuai hasil Rapat Koordinasi tersebut, .

Pelarangan nonton bareng melalui tribun terapung/kapal pariwisata, sesuai hasil rapat koordinasi melalui zoom meeting yang dipimpin oleh Asdep Kemenkomarves, bahwa pelaksanaan tribun terapung tidak direkomendasi mengingat faktor keselamatan terhadap pembalap dan penonton, selama penyelenggaraan F1H2O di area sirkuit Danau Toba.

Terpisah, Gibson mengungkapkan skema pengaturan penyeberangan kapal motor kayu pada setiap hari pekan Jumat, sudah diberlakukan dan dialihkan ke Sunset Beach Desa Lumban Gaol Tambunan sejak beberapa pekan ini. Namun untuk penyeberangan setiap harinya masih diberlakukan secara normal di pelabuhan Muliaraja Napitupulu Balige.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama