Camat Karangampel Dampingi Verifikasi Desa ODF di Desa Tanjungpura dan Desa Mundu

MenaraToday.Com - Indramayu :

Camat Karangampel Ade Sukma dampingi Tim Verifikasi Desa Open Defecation Free (ODF) di sepanjang jalur aliran irigasi Desa Tanjungpura dan Desa Mundu, Kecamatan Karangampel, 

Tim Verifikasi ODF terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan, serta Tim Penggerak Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Indramayu.

Camat Karangampel Ade Sukma mengatakan, dilakukan Verifikasi ODF pada jalur aliran irigasi di dua desa tersebut karena disinyalir masih adanya tempat Buang Air Besar (BAB), dan memastikan bahwa Kecamatan Karangampel yang sudah bebas ODF memang benar adanya.

"Tim Verifikasi ingin memastikan sudah tidak BAB sembarangan terutama di jamban (kerobongan) yang biasanya ada di sekitar aliran irigasi, yang disinyalir ada di jalur aliran irigasi Desa Tanjungpura dan Mundu,'' katanya

Ade Sukma berharap, dengan adanya tim verifikasi yang datang langsung ke lokasi, sebagai pengingat bagi petugas kesehatan lingkungan dan kepala desa untuk terus berupaya meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

"Dengan adanya tim verifikasi yang datang langsung ke lokasi agar menjadi pengingat bagi petugas untuk meningkatkan penyuluhan kepada masyarakat serta memastikan semua desa benar-benar telah bebas ODF,'' harapnya.

Dalam kegiatan Verifikasi ODF tersebut turut hadir Kasi Kesejahteraan Sosial, Kepala Puskesmas, Petugas Kesehatan Lingkungan dan Kepala Desa Terkait beserta perangkat Desa. (MT jahol)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama