Jelang F1H2O, Kementerian PUPR RI, Normalisasi Sejumlah Sungai di Toba

 

MenaraToday.Com - Toba :

Kementerian Pekerjaan Umum Dan Perumahan Rakyat RI, melalui Dirjen Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sumatera II Medan Satuan Kerja Operasi Dan Pemeliharaan SDA Sumatera II, melakukan kegiatan normalisasi sejumlah sungai di Kabupaten Toba. Salahsatunya Sungai Sibitara yang berada di Desa Lumban Gaol Kecamatan Balige.

Kasatker OP SDA Sumatera II, PPK OP I, Syafii selaku pengawas kegiatan, saat dikonfirmasi Jumat (3/2/23) membenarkan kegiatan tersebut. Dia mengungkapkan bahwa kegiatan ini, merupakan pemeliharaan berkala yang dilakukan oleh BWS Sumut II Medan. Dalam kegiatan ini, sampah dan semak yang berada di badan dan bantaran sungai dibersihkan, dengan tujuan agar aliran debit air mengalir secara normal dan bantaran sungai selalu bersih.  

Kegiatan ini juga untuk mendukung Event F1H2O dalam upaya membuat air Danau Toba bersih dari sampah yang terbawa aliran setiap sungai yang bermuara ke Danau Toba, ungkap Syafii.

Mewakili masyarakat setempat, Kepala Desa Lumban Gaol Edward Tambunan, sangat mengapresiasi perhatian dari pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian PUPR melalui BWS Sumut II, yang melaksanakan kegiatan.

Disamping bantaran dan badan sungai tetap bersih, kualitas air yang bermuara ke Danau Toba tetap terpelihara.

Muara Sungai Sibitara berdekatan dengan Spot Wisata Sunset Beach di desa ini. Selain dikonsumsi warga setempat, air danau yang bersih salah satu potensi yang kita sajikan kepada wisatawan yang berkunjung kesini, oleh karenanya kualitas air harus tetap kita jaga, pungkas Edward.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama