Petugas Kesehatan dan Pemdes Lumban Gaol, Bersinergi Cegah Stunting

MenaraToday.Com - Toba :

Sebanyak 3 orang anak balita warga Desa Lumban Gaol di Kecamatan Balige Kabupaten Toba Provinsi Sumatra Utara yang mengalami stunting, secara inten diberikan makanan tambahan oleh petugas tenaga kesehatan Bidan Desa setempat.

Hal itu disampaikan Elfrida Simarmata petugas Bidan Desa setempat, Rabu (29/3/2023). 

"Makanan tambahan diantaranya susu secara rutin diberikan setiap bulan. Disamping itu,kami melakukan monitoring secara inten terhadap perkembangan kesehatan anak. Monitoring tinggi badan dan berat badan setiap bulan kami lakukan pada pelaksanaan posyandu". ujarnya.

Kami juga melakukan sosialisasi kepada orang tua anak, agar tetap inten memberikan asupan gizi yang seimbang bagi anak. Upaya ini untuk melihat dan memantau pertumbuhan anak.

Secara berkala, petugas kesehatan desa bersama pemerintah desa setempat, juga melakukan sosialisasi upaya pencegahan stunting bagi ibu hamil, menyusui dan masyarakat umum yang rentan beresiko terkena stunting.

Terpisah, Kepala Desa Lumban Gaol Edward Tambunan mengajak seluruh warganya untuk peduli mencegah stunting sejak dini. Kita musti bekerjasama dengan seluruh elemen masyarakat dan petugas kesehatan untuk hal ini. Pemerintah Desa selalu siap bersinergi dengan petugas kesehatan dalam hal optimalisasi pencegahan stunting dan pencegahan penyakit lainnya di desa ini, pungkasnya. (JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama