Peringati Jumat Agung, Jemaat HKBP Kota Laguboti Menggelar Visualisasi Jalan Salib

MenaraToday.Com - Toba :

Umat Kristiani pada hari ini, Jumat (7/4/23) tengah memperingati hari Jumat Agung (penyaliban) Yesus melalui kebaktian ibadah yang dilanjutkan dengan  prosesi visualisasi Jalan Salib, seperti yang dilakukan oleh Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) Kota Laguboti, Resort Laguboti, Distrik IV Toba.

Prosesi visualisasi Jalan Salib, diawali dari komplek Gereja HKBP Kota Laguboti selanjutnya mengitari pusat perkotaan  Laguboti hingga berakhir kembali menuju komplek Gereja.

Pontius Pilatus tidak menemukan kesalahan Yesus, namun begitu besarnya desakan dari orang-orang Yahudi, akhirnya Yesus diputuskan untuk disalibkan di Bukti Golgota.

Dalam perjalanan menuju Bukit Golgota, Yesus yang memanggul kayu salibnya yang begitu berat, terjatuh. Bahkan disepanjang jalan, Dia menerima hujatan dari orang-orang Yahudi.

Hingga akhirnya Dia disalibkan, mati, dikuburkan dan akhirnya Yesus bangkit dari kubur pada hari ketiga. Dimana, kisah ini dituliskan pada Kitab Suci Alkitab (1 Korintus 15:3-4).

Prosesi Jalan Salib yang diperankan oleh Jemaat HKBP Kota Laguboti, mengundang perhatian khalayak masyarakat sekitar. Raut wajah warga yang menyaksikannya terlihat sedih dan iba bahkan hingga meneteskan air mata. Tatkala melihat Yesus yang terjatuh saat memanggul kayu salib dan mendapat makian, cacian bahkan cambukan dari pengawal kerajaan.

Prosesi ini sangat menggugah hati, ujar Boru Sibuea warga setempat. Apa yang aku baca di buku tentang kematian  Yesus kini diperagakan langsung  melalui prosesi Jalan Salib pada Jumat Agung sebagai Hari Kematian Yesus. Kiranya peringatan ini membawa kesan tersendiri bagi umat, untuk berbenah menjauhi larangan Tuhan dan mematuhi perintahNya, imbuh Boru Sibuea.

Prosesi Jalan Salib, diperankan Jemaat HKBP Kota Laguboti yakni Yesus diperankan oleh Cipid Tambunan, Maria diperankan Roida Sibuea, Pilatus diperankan Herianto Nadapdap, Herodes diperankan Dompak Silalahi, Petrus diperankan Anwar Pangaribuan, Yudas diperankan Riko Siagian, Samaria diperankan Hinsa Lumbantobing, Barabas diperankan Aris Siahaan, dan Markus diperankan St.Hinsa Simatupang. Visualisasi Jalan Salib dibawah pembinaan Pdt.Parasian Simamora.

Seluruh rangkaian prosesi berlangsung aman dan lancar mendapat pendampingan pengamanan dari Ormas PAC Pemuda Karya Nasional Laguboti yang dikomandoi Basinton Hutajulu dan pendampingan TNI,Polri setempat.(JT)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama