Pimpin Upacara Hardiknas 2023, Ini Disampaikan Asisten Daerah Indramayu

MenaraToday.Com - Indramayu :

Asisten Daerah Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Indramayu Jajang Sudrajat memimpin upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023, di Halaman Pendopo Indramayu, Selasa (2/5/2023).

Dalam pelaksanaan upacara tersebut, Sekda Indramayu membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) RI Nadiem Anwar Makarim yang menyebutkan bahwa dalam momentum Hardiknas Tahun 2023 ini selama tiga tahun terakhir perubahan besar telah terjadi dalam sektor pendidikan.

Disebutkan Jajang, dari ujung barat sampai ujung timur Indonesia sudah ada 24 episode merdeka belajar yang diluncurkan. Hal itu dinilai telah membawa dunia pendidikan semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri,” ujar Jajang 

Jajang menambahkan, para guru pun disebutkan kini telah berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka mengajar.

“Selain itu, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku, sekarang lebih bebas berinovasi di kelas dengan hadirnya kurikulum merdeka,” tambahnya.

Sehingga sejalan dengan kurikulum merdeka belajar yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi seleksi masuk perguruan tinggi pada jenjang perguruan tinggi.

Dimana ungkap Jajang, mahasiswa yang dulunya hanya belajar teori di dalam kelas, sekarang sudah bisa mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus.

Kemudian, dari segi pendanaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah-sekolah, pemanfaatan yang lebih fleksibel telah memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

“Mari kita semarakkan hari ini dengan semangat untuk meneruskan perwujudan merdeka belajar, mendidik generasi pelajar pancasila yang cerdas berkarakter dan membawa Indonesia ke masa depan dengan pendidikan yang memerdekakan,” ujar Jajang mengakhiri.

Dalam upacara peringatan Hardiknas Tahun 2023 ini diikuti Forkopimda Kabupaten Indramayu, Seluruh Kepala SKPD, pejabat Eselon II dan III, Plt. Ketua PGRI Kabupaten Indramayu,  serta para mahasiswa Perguruan tinggi dan pelajar SMP, SD dan TK dengan mengenakan pakaian adat. (Arrie Td)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama