Kapolres Asahan Periksa Senpi Anggota

MenaraToday.Com - Asahan :.

Kapolres Asahan, AKBP Afdhal Junaidi melakukan pemeriksaan Senjata Api (Senpi) yang dipegang personel sejajaran Polres Asahan yang digelar si halaman apel Mapolres Asahan, Rabu (17/1/2023) pagi. 

Pemeriksaan secara teknis dilakukan oleh personel Sie Propam dan Bagian Logistik Polres Asahan. 

Di kesempatan tersebut, Kapolres  didampingi Wakapolres, Kompol I Kadek Hery Cahyadi, menjelaskan bahwa pemeriksaan dan pengecekan senpi merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan secara berkala.

“Pemeriksaan ini bertujuan untuk mengecek kelengkapan surat senjata, kelayakan senjata, kebersihan senjata, dan amunisinya. Tujuannya untuk memastikan senjata api dinas yang dipegang oleh anggota tetap dalam keadaan terawat dan tidak disalahgunakan,” ujar orang nomor satu sejajaran Polres Asahan ini.

Lebih lanjut perwira menengah berpangkat dua melati yang memegang tongkat komando ini menyebutkan Senjata api dinas yang dipegang anggota Polri berfungsi untuk melindungi masyarakat saat melaksanakan tugas menjaga kamtibmas.

"Pemeriksaan senpi ini juga sebagai tindakan agar tidak ada pelanggaran dari anggota yang memegang senjata api dan anggota yang memegang senjata api harus memenuhi syarat dan kriteria sesuai dengan SOP Polri yang antara lainnya sehat dan lulus tes psikologi serta memiliki mental dan kepribadian yang baik. Selain itu, personel yang mendapat prioritas memegang senpi pinjam pakai adalah mereka yang bertugas di bidang operasional,” tutupnya. (SDM)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama