Pemkot Tanjungbalai Hibahkan Tanah Ke YMPI Bangun STAI Nurul Ilmi YMPI


MenaraToday.Com - Tanjungbalai :

Yayasan Madrasah Pendidikan Islam (YMPI) Kota Tanjungbalai merasa haru dan bahagia. Pasalnya, Pemkot Tanjungbalai  menghibahkan tanah seluas 696 M2 untuk pembangunan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Nurul Ilmi YMPI yang berada di jalan Yos Sudarso/jalan besar Teluk Nibung Kelurahan Sumber Sari, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai (Senin, (6/1/2020)


Penyerahan dan  penerimaan sertifikat tanah YMPI diserahkan langsung oleh Wali Kota Tanjungbalai kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Tanjungbalai dan selanjutnya dilanjutkan penyerahan sertifikat tanah dari Kementrian Agama Kota Tanjungbalai kepada pengurus YMPI Kota Tanjungbalai. 

"Saya merasa haru dan bahagia karena untuk Kantor Kementerian Agama mungkin ini adalah bentuk kepedulian dan perhatian Pemkot Tanjungbalai dalam mendukung dan meningkatkan kualitas pendidikan di Kota Tanjungbalai. Karena salah satu peningkatan mutu pendidikan itu adalah sarana dan prasarana."

Hibah tanah tersebut ditandai dengan penandatanganan akta hibah tanah dari Pemkot Tanjungbalai yang ditandatangani oleh Wali Kota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH,  bersama Kepala Kemenag H. Al Ahyu MA yang turut disaksikan anggota DPRD Tanjungbalai, Pengurus YMPI dan undangan yang hadir 

Keberadaan YMPI tentunya menambah eksistensi Kota Tanjungbalai sebagai Kota Religius karena program yang diusung YMPI sendiri adalah program tafaqquh fiddin (pendalaman ilmu agama). 

Wali Kota Tanjungbalai, H.M Syahrial menyampaikan apa yang dilakukan Pemkot Tanjungbalai merupakan upaya untuk memajukan Kota Tanjungbalai." Mudah mudahan kita bersama diberikan keberkahan," kata Wali Kota

Wali Kota juga menyampaikan, Kegiatan ini merupakan janji saya yang terdahulu untuk membantu membangun sekolah tinggi YMPI, yang mana prodi yang dicanangkan yaitu Sarjana Pendidikan PAUD ILMI, Sarjana Pendidikan Agama Islam, dan ekonomi pembangunan.

"Pemkot Tanjungbalai juga insyaallah akan menghibahkan dana senilai 1.5 M untuk pembangunan sekolah tinggi YMPI ini nanti. Kami juga akan mendeklarasi secepatnya kegiatan Pemtatim yaitu untuk meningkatkan kepedulian terhadap anak yatim dan yang ikut serta dalam kegiatan ini merupakan ASN."

Saya juga menyampaikan bahwa saya memberikan kesempatan kepada masyarakat Tanjungbalai boleh menggunakan mobil BK 1 yang saya kendarai untuk dipakai pada saat momen bahagia yaitu pada saat menikah, boleh menggunakan mobil dinas walikota dan juga pada tahun 2021 akan disiapkan rumah bulan madu pasangan yang baru menikah yang berlokasi di Waterfront City Tanjungbalai, sebut Wali Kota. 

Dengan adanya STAI Nurul Ilmi YMPI nantinya di Kota Tanjungbalai diharapkan dapat melahirkan ulama ulama muda yang menyiarkan agama Islam sampai ke pelosok indonesia dan dunia, ujar Wali Kota.

Sebelumnya, Kakan Kemenag Tanjungbalai H. Al Ahyu mengatakan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Tanjungbalai yang telah menghibahkan tanah. Kegiatan kerja sama antara Pemerintah Kota Tanjungbalai dengan YMPI merupakan sesuatu kegiatan yang baik untuk generasi muda, sehingga untuk mencapai Tanjungbalai sebagai kota religius, melalui generasi muda religius, kita membutuhkan 1 lagi Tsanawiyah Negeri dan 1 lagi Madrasah Negeri, untuk pendidikan agama di Kota Tanjungbalai guna untuk menciptakan masyarakat kota Tanjungbalai yang Religius. Niat untuk membangun sekolah tinggi (Nurul Ilmi YMPI), semoga segera terwujud, karena YMPI merupakan wadah pendidikan yang telah melahirkan ulama-ulama dan tokoh agama yang besar, paparnya

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Tanjungbalai Surya Darma AR menyampaikan penyerahan sertifikat tanah ini bertujuan untuk mendirikan perguruan tinggi Nurul Ilmi YMPI yang merupakan bentuk kepedulian pemerintah Kota Tanjungbalai terhadap perkembangan pembangunan agama Islam di Kota Tanjungbalai. Kegiatan ini kita apresiasi dan berharap masyarakat untuk ikut serta meningkatkan kepedulian terhadap keberlangsungan sekolah tinggi ini nanti. Karena berdasarkan infomasi yang kami dapat lebih dari 30% masyarakat Kota Tanjungbalai, memilih untuk melanjutkan pendidikan sekolah tinggi Islam di kota lain

Turut hadir juga dalam acara tersebut Sekdakot Tanjungbalai Yusmada SH, M.A.P, Asisten Ekbangsos Drs. H Zainul Arifin, Plt. Ka. BPKPAD Asmui Rasyid Marpaung S.STP,M.Si, Kabag Hukum dan HAM Setdakot Tanjungbalai H. Adhar Sirait dan OPD terkait (64N1)
Lebih baru Lebih lama