Pemkab Nias Gelar Dialog Interaktif, Berikut yang Dibahas



MenaraToday.Com - Nias :

Sosialisasi strategi pencegahan Virus Covid-19, Pemerintah Kabupaten Nias laksanakan dialog interaktif yang disiarkan langsung RRI Gunungsitoli, Senin (23/3)

Kegiatan dialog interaktif tersebut dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Nias yang dihadiri Bupati, Wakil Bupati dan Sekda Kabupaten Nias sebagai narasumber serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Nias dan Direktur UPTD RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias serta Kepala Bappeda Kabupaten Nias sebagai narasumber dan kepala OPD lingkungan Pemerintah Kabupaten Nias sebagai peserta dialog interaktif.

Pada dialog interaktif tersebut Pemerintah Kabupaten Nias mengangkat Tema "Strategi Pemerintah Kabupaten Nias Pencegahan Pandemik Virus Covid-19 di Wilayah Kabupaten Nias".

Pada penjelasannya, Bupati Nias Sokhiatulo Laoli menyampaikan upaya Pemerintah Kabupaten Nias dalam pencegahan Virus Covid-19 yang lagi mewabah di hampir semua Negara.

"Kita bersyukur hingga saat ini di Kepulauan Nias, khususnya di Kabupaten Nias tidak ada yang terinfeksi Virus Covid-19. Untuk  kewaspadaan sekaligus persiapan jika ada yang tertular maka Pemkab Nias telah membentuk gugus tugas serta telah memberikan sosialisasi pencegahan melalui selebaran informasi atau spanduk pencegahan covid-19 yang di sebarkan dibeberapa Kecamatan dan tempat tempat ramai seperti pasar, pekan tradisional bahkan pengumuman melalui mobil informasi keliling juga telah di laksanakan" ucap Bupati Nias.

Selain langkah sosialisasi dalam pencegahan, Pemkab Nias juga sudah menyurati Kementerian Kesehatan agar RSUD Gunungsitoli dapat dijadikan rumah sakit rujukan penderita covid-19.

"Kita telah menyurati Kementerian Kesehatan agar RSUD Gunungsitoli dapat dijadikan rumah sakit rujukan penderita covid-19 dan tentu dengan dukungan peralatan kesehatan dari Pemerintah Pusat" jelas Bupati.

Di tanya terkait langkah Pemkab Nias lawan isu hoax penyebaran virus Covid-19, Bupati himbau masyarakat untuk mengkonfirmasi setiap info yang ada melalui Dinas Kominfo Kabupaten Nias.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Nias telah menunjuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Nias menjadi pusat informasi terkait Virus Covid-19" ucap orang nomor satu di Pemerintahan Kabupaten Nias itu.

Masih di acara dialog interaktif, Direktur RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias, Julianus Dawolo sampaikan kesiapan RS untuk perawatan jika ada warga yang terinfeksi virus Covid-19.

"Sampai saat ini RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias belum ada Pasien yang terinfeksi virus Covid-19. Namun demikian untuk mengantisipasi jika ada yang terjangkit pihak RS telah mempersiapkan 12 ranjang di ruang isolasi" ucap Dirut.

Selain itu Julianus Dawolo juga menyampaikan jika pihaknya telah memesan alat pelindung diri (APD) guna di pergunakan oleh dokter dan tenaga medis lainnya jika ada yang dirawat di RS.

"Saat ini kita telah memesan 175 alat APD guna untuk tenaga medis" ucap Dirut RSUD Gunungsitoli Kabupaten Nias.

Pada sesi dialog, dr. Hotman Purba menghimbau masyarakat agar lebih mengutamakan pemakaian masker kepada orang yang lagi sakit flu atau para petugas kesehatan.

"Saat ini masker sangatlah langka, maka kita menghimbau agar masyarakat yang tidak sakit tidak usah menggunakan masker justru saat ini yang paling di utamakan menggunakan masker ialah yang lagi sakit flu atau penderita virus dan para petugas kesehatan" himbau dr. Hotman. (Tim)
Lebih baru Lebih lama