Agus Ramanda Resmi Pimpin Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan Masa Bakti 2019 – 2024.

Keterangan Gambar  : Ketua Mabicab Asahan, Surya Bsc melantik Kwarcab Pramuka Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan (Foto : Adjie/rls)  

MenaraToday.Com – Asahan :

Agus Ramanda resmi memimpin Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan Masa Bakti 2019 – 2024, setelah dilantik oleh Bupati Asahan yang juga Ketua Mabicab Asahan di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Selasa (22/9/2020)

Keterangan Gambar : Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan, Agus Ramanda saat menandatangani Berita Acara Pelantikan Kwarcab Pramuka Asahan (Foto : Adjie/rls)

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Mabicab Asahan, Surya Bsc menyematkan tanda jabatan kepada Ketua Kwarcab Asahan, Agus Ramanda di hadapan Sekretaris Kwarda Sumatera Utara (Kwardasu), Ketua Harian Mabicab Asahan, Wakil Ketua dan para undangan.

Dalam sambutannya Ketua Mabicab Asahan, Surya Bsc menyebutkan bahwa Gerakan Pramuka sebagai Gerakan Pendidikan pada jalur pendidikan Non Formal, tidak terpisahkan dari sistem pendidikan, Gerakan Pramuka bertujuan untuk menumbuhkan tunas bangsa melalui gerakan muda yang berkepribadian, berwatak dan berbudi pekerti yang luhur, memiliki kecerdasa, keterampilan yang tinggi serta bermanfaat bagi masyarakat.

Untuk merealisasikan tujuan tersebut maka Gerakan Pramuka diarahkan kepada berbagai program berupa pendidikan mental dan kepribadian, keterampilan serta Karya Bakti untuk membantu masyarakat dalam bidang pelestarian lingkungan hidup, peningkatan perekonomian keluarga, kesehatan dan pendidikan, serta bidang sosial budaya” ujar Surya.

Surya juga menyebutkan jika melihat komposisi pengurus Kwartir Cabang Asahan yang baru dilantik merupakan pengurus yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi terhadap Gerakan Pramuka Asahan.

“Saya yakin dan percaya bahwa Gerakan Pramuka Asahan memiliki kepedulian dan tanggung jawab yang tinggi dengan diiringi kerja kerasa, kinerja cerdas dan kerja ikhlas dari segenap jajaran kepengurusan yang ada, Insya Allah Gerakan Pramuka Asahan ke depannya akan lebih maju dan mampu berkembang dengan lebih baik lagi” ujar Surya sembari mengucapkan selamat kepada pengurus Gerakan Pramuka Asahan yang baru saja dilantik.

“Selamat atas pelantikannya, mudah-mudahan momentum pengukuhan pelantikan pengurus Mabicab dan Kwarcab Gerakan Pramuka Cabang Asahan kali ini, akan memberikan semangat baru, sekaligus mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab kita bersama terhadap kemajuan Gerakan Pramuka di Kabupaten Asahan” ujarnya mengakhiri.

Sementara itu Ketua Kwardasu H. Nurdin Lubis, SH, MM mengatakan untuk menyelenggarakan misinya, Gerakan Pramuka memerlukan bimbingan dan bantuan baik dari pemerintah maupun masyarakat. Untuk itu pada masing-masing tingkat Kwartil, mulai nasional, daerah, cabang, ranting, gugus depan dan satuan karya, dibentuk satu majelis yang memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengurus Kwartir, yang dinamakan dengan Majelis Pembimbing atau Mabi.

“Sejak awal terjadinya wabah covid-19 yang melanda negara kita, Gerakan Pramuka selalu tanggap dan mengambil bagian dalam upaya penanggulangannya. Dimulai dari hal-hal kecil bagi anggota pramuka, seperti mendidik pentingnya menjaga kebersihan tubuh, termasuk rajin mencuci tangan dengan sabun, menggunakan masker jika keluar rumah, dan menjaga jarak di keramaian, yang pada intinya juga harus mematuhi protokol kesehatan yang telah dicanangkan oleh pemerintah. Kemudian para Pramuka juga aktif dalam gerakan melakukan penyemprotan desinfektan maupun kegiatan lainnya yang dibutuhkan dalam membantu menanggulangi wabah Covid-19 bersama pemerintah dan masyarakat. Apa yang dilakukan ini juga merupakan bagian dari bela negara, wujud konkrit kecintaan dan pembelaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai organisasi pendidikan yang berasaskan Pancasila, aktivitas membantu penanggulangan bencana alam dan mengatasi wabah covid-19 ini adalah kegiatan untuk menunjukkan betapa semua anggota pramuka berusaha menepati janjinya yang antara lain mengatakan "Demi Kehormatanku, Aku Berjanji Akan Bersungguh-Sungguh Menjalankan Kewajibanku Terhadap Tuhan Dan Negara Kesatuan Republik Indonesia". ujarnya

Ketua Mabida Gerakan Pramuka Sumatera Utara menyampaikan pesan kepada seluruh Gerakan Pramuka untuk terus mendorong kegiatan kepramukaan sebagaimana bisa dilakukan, dengan tetap mentaati protokol kesehatan di masa pandemi covid-19 ini.

Mengakhiri sambutannya beliau berharap kepada Ketua Majelis Pembimbing cabang beserta jajarannya dapat memberikan dukungan yang optimal kepada Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Asahan masa bakti 2019-2024.

Sebelum Ketua Mabicab Asahan melantik Pengurus Kwarcab Gerakan Pramuka Asahan, Ketua Mabicab Asahan dilantik terlebih dahulu oleh Sekretaris Kwardasu Abdul Rajak MM (Adjie/Red)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama