Call Center0852-7610-8862
Emailmenaraindonesia123@gmail.com

Dimasa Pandemi Covid 19, Kadisdik Batu Bara Bagikan Kuota Internet Gratis Untuk Pelajar

Keterangan Gambar : Kadisdik Batu Bara, Ilyas Sitorus saat memberikan kartu kuota internet gratis untuk pembelajaran daring (Foto : Dwi)

MenaraToday.Com – Batu Bara :

Kementerian Pendidikan dan Kebudyaan (Kemendikbud) telah mengirimkan kuota gratis untuk mendukung pembelaharan jarak jauh selama Covid 19.. Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara, Ilyas Sitorus sesaat sebelum membagikan kartu Kuota Internet Gratis bantuan Kemendikbud secara simbolis di UPTD SD 07 Suka Maju Kecamatan Tanjung Tiram, Batu Bara, Sumatera Utara, Kamis (24/9/2020) kemarin.

Menurut Ilyas bahwa pemerima bantuan Kuota Internet gratis ini akan memilki dua jenis Kuota Internet yakni kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses semua lamat dan aplikasi dan Kuota belajar yang digunakan untuk mengakses laman dan aplikasi pembelajaran.

“Untuk peserta didik jenang PAUD akan dibeikan kuota internet gratis sebesar 20 GB/bulan, sebesar 5 GB untuk kuota umum dan 15 GB untuk kouta belajar, untuk jenjang SD dan SMP dan SMA mendapatkan Kuota Internet 35 GB/bulan sebesar 5 GB untuk kouta umum dan 30 GB untuk kuota belajar. Untuk mahasiswa diberikan kuota internet 50 GB/bulan, kuota umum 5 GB dan 45 GB kuota belajar. Bantuan kuota internet ini berdurasi selama 4 bulan” jelas Ilyas

Dalam kesempatan tersebut Ilyas mengharapkan kepada orang tua siswa agar dapat membantu dan mendampingi anak-anak saat belajar di rumah.

“Dampingi anak-anak kita, luangkan waktu kita, sebab kehadiran kita bersama anak dalam belajar sangat membantu anak dalam meningkatkan motivasi anak dalam belajar, bimbing anak sebelum memulai belajar dengan berdo’a dan bersyukur kepada Allah Tuhan Yang Maha Kuasa” ujar Ilyas.

Masih menurut Ilyas, 19 laman yang bisa diakses menggunakan kuota belajar adalah, aplikasi dan website Aminin, aplikasi dan website Ayoblajar, aplikasi dan website Bahaso, aplikasi dan website birru, aplikasi dan website Cakap, aplikasi dan website Duolingo, aplikasi dan website Edmodo, aplikasi dan website Eduka system, aplikasi dan website Ganeca digital, aplikasi dan website Google Classroom, aplikasi dan website Kipin School 4.0, aplikasi dan website Microsoft Education, aplikasi dan website Quipper, aplikasi dan website Ruang Guru, aplikasi dan website Rumah Belajar, aplikasi dan website Sekolah.Mu, aplikasi dan website Udemy, aplikasi dan website Zenius, aplikasi WhatsApp

“Kepada orang tua siswa di Batu Bara dapat menemukan berbagai aplikasi pembelajaran daring tersebut di atas untuk dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran di rumah. Kemudian ada surat edaran, panduan serta kumpulan informasi video dan infografik yang dapat membantu edukasi pencegahan Penularan Covid 19 juga bisa di dapat dengan memanfaatkan bantuan kuota internet gratis ini” terang Ilyas.

Ilyas juga menyebutkan jajaran pendidikan Kabupaten Batu Bara sangat menghargai dan berterima kasih atas kerja keras pimpinan di Kemendikbud dan juga dukungan para operator telekomunikasi yang  telah memfasilitasi kegiatan belajar-mengajar jarak jauh secara daring (dalam jaringan) dengan memberikan akses internet gratis kepada semua  pelajar, guru se Indonesia termasuk di Kabupaten Batu Bara.

“Subsidi data yang diberikan operator telekomunikasi sangat membantu pelajar maupun pendidik untuk belajar, sehingga tetap produktif di rumah, besarnya tantangan pembelajaran daring dalam darurat Covid-19 di masa pandemi begini serta situasi yang tidak mudah ini, tidak semua pembelajaran daring yang dilakukan sekolah akan optimal, oleh karenanya kita berharap sekolah terus pro aktif untuk memastikan pembelajaran tetap berjalan maksimal dengan bantuan kunjungan guru-guru ke kelompok siswa ataupun ke rumah siswa dan manfaatkan dana bos yang ada untuk membantu pengganti minyak sepeda motor guru - guru kita, ujar mantan Karo Humas Protokol Pemprovsu ini. (Dwi)

 

Posting Komentar

Tab #2 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !

Tab #3 Letakkan Judul Kontent disini !

Isikan Kontent Anda disini !