Ir. Zahir MAP : ‘Terima Kasih Atas Dukungan Kemendikbud dan Tanoto Foundation Untuk Batu Bara’

Keterangan Gambar  : Pelaksanaan Wabinar melalui Virtual (Foto : Dwi)

 MenaraToday.Com – Batu Bara :

Direktur Sekolah Dasar (SD), Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd menyebutkan sangat mengapresiasai Pemkab Batu Bara di bawah kepemimpinan Ir. H. Zahir MAP pada saat menjadi pembicara pada Wabinar yang diselenggarakan oleh Tonoto Fondation, Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara serta Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud, Rabu (16/9/2020) kemarin.


 “Saya sangat mengapresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara, di bawah kepemimpinan Bupati Bapak Ir. H. Zahir, M. AP., dimana kegiatan ini menunjukan bahwa pemerintah peduli terhadap anak-anak bangsa. Apalagi dalam kondisi saat ini kita harus memberikan dukungan supaya PPJ ini bisa berjalan lancar sehingga masih bisa tetap memberikan mata pelajaran hingga pendidikan pembentukan karakter pada siswa,” ujar Sri Wahyuningsih

Lebih lanjut Sri menyebutkan bahwa anak-anak bangsa harus terlayani dengan baik pendidikannya, serta harus mengedepankan pembelajaran yang menyenangkan untuk menjaga psikologis anak selama melakukan PJJ di era Pandemi Covid 19

“Untuk mewujudkannya, kita butuh kerjasama berbagai pihak seperti pemerintah, guru serta para orang tua. Manajemen talenta harus terlahir dari siswa. Kami dari pusat akan terus mengupayakan untuk melakukan kolaborasi dengan dinas kota dan kabupaten untuk pendidikan para siswa di era pandemi sehingga melahirkan anak yang memiliki jiwa global tapi tetap nasionalis,” tuturnya.

Sementara Kadisdik Kabupaten Batu Bara di awal paparannya mengucapkan terimakasih atas terselenggranya Webinar yang terselenggara berkat kerjasama Tanoto Foundation dengan Disdik Batu Bara serta dukungan penuh dari Kemendikbud Khususnya Direktorat Sekolah Dasar.

Dukungan ini bukan hanya dalam bentuk seremoni namun Direktur Sekolah Dasar dan Tim hadir langsung dan bertindak sebagai Narasumber untuk berbagi informasi terkait pembelajaran di masa Pandamic Covid-19 ini. Ini sangat luar biasa dukungan Kemendikbud yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Batu Bara, dan salam hormat Bupati untuk Ibu Direktur Sekolah Dasar dan Jajarannya, ujar llyas.

Ilyas dalam paparannya mengatakan bahwa Pendidikan Karakter walaupun sudah lama diperkenalkan dalam lingkungan Pendidikan baik pada jenjang TK/PAUD, SD, SMP, SMA sederajat, namun perlu terus kita saling ingat mengingatkan. Hal tersebut mengingat kecendrungan global, urgensi penguratan Pendidikan karakter maupun defenisi Pendidikan karakter itu sendiri. Hal tersebut mengingat saat ini sedang berlangsungnya Revolusi Digital, Perubahan Peradaban Masyarakat Dan Semakin Tegasnya Penomena Abad Kretif, disamping itu juga Pembangunan Sumber daya manusia Sebagai Fondasi Pembangunan Bangsa, Generasi Emas 2045 Yang Dibekali Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Kondisi Degradasi Moral, Etika, Dan Budi Pekerti sehingga gerakan pendidikan di sekolah untuk memperkuat karakter siswa melalui harmonisasi olah hati (etik), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan dukungan pelibatan publik dan kerja sama antara sekolah, keluarga, dan masyarakat sangat – sangat kita butuhkan mengingat bahwa Karakter itu adalah sifat – sifat kejiwaan, akhlak, dan budi pekerti yang dapat membuat seseorang terlihat berbeda dari orang lain.

“Kita tingkatkan bahasa Indonesia dan bahasa daerah karena kita cemas melihat anak-anak yang mulai kecanduan bahasa global dan pelan-pelan meninggalkan bahasa ibunya. Pendidikan karakter ini apalagi di tengah pandemi memang sudah kewajiban semua pihak baik itu pemerintah, guru dan orang tua untuk saling membantu. Saya senang dan saya memberikan apresiasi kepada kawan-kawan guru yang telah dengan senang hati melakukan kunjungan ke rumah-rumah siswa dalam membantu proses pembelajaran di masa pandemic Covid-19 ini. Kadisdik juga menyampaikan harapannya kepada semua pihak terkhusus kepada Satuan Pendidikan baik guru maupun kepala sekolah untuk terus melahirkan inovasi-in” paparnya (Dwi)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama